JudulNILAI EMP SEPEDA MOTOR DI SIMPANG TAK BERSINYAL MENGGUNAKAN METODE OCCUPANCY TIME DAN METODE SPEED (Studi Kasus Simpang Jl. W. Monginsdi – Jl. Tg. Manimbaya & Simpang Jl. I Gusti Ngurah Rai – Jl. Tavanjuka Mas) |
Nama: GERALDY DESANDI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Ekuivalen mobil penumpang (EMP) merupakan satuan yang menyetarakan berbagai jenis kendaraan agar setara dengan satuan mobil penumpang. Dalam MKJI nilai EMP sepeda motor adalah 0,5, dan seiring waktu berjalan telah berkembang metode – metode untuk mengetahui nilai EMP contohnya metode waktu okupansi dan metode kecepatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membandingkan nilai EMP sepeda motor pada simpang tak bersinyal menggunakan metode waktu okupansi dan metode kecepatan. Metode waktu okupansi memperhitungkan nilai EMP berdasarkan waktu tempuh kendaraan melewati suatu area, sedangkan metode kecepatan memperhitungkan nilai EMP berdasarkan kecepatan kendaraan yang melintas pada suatu area. Penelitian dilakukan pada hari senin dengan merekam aktifitas kendaraan pada jam sibuk di 2 lokasi simpang tak bersinyal yaitu simpang Monginsidi – Manimbaya dan simpang I Gusti - Tavanjuka. Hasil penelitian memperoleh nilai EMP sepeda motor pada lokasi 1 dengan metode waktu okupansi adalah 0,37 dan metode kecepatan adalah 0,22; nilai EMP sepeda motor pada lokasi 2 dengan metode waktu okupansi adalah 0,35, dan metode kecepatan adalah 0,21. EMP yang didapat dengan metode kecepatan pada kedua lokasi penelitian sama - sama lebih rendah dibandingkan dengan EMP yang didapat dengan metode waktu okupansi, pada lokasi 1 EMP metode kecepatan hanya 59,46?ri EMP metode waktu okupansi, dan pada lokasi 2 EMP metode kecepatan hanya 60,00?ri EMP metode waktu okupansi. Kata kunci: EMP, Sepeda Motor, Waktu Okupansi, Kecepatan, Simpang Tak Bersinyal Passenger car equivalent (PCE) is a unit that equalizes various types of vehicles so that they are equivalent to passenger car units. In the MKJI the EMP value for motorbikes is 0.5, and over time methods have developed to determine the EMP value, for example the occupancy time method and the speed method. This research aims to determine and compare the EMP value of motorbikes at unsignalized intersections using the occupancy time method and speed method. The occupancy time method calculates the EMP value based on the vehicle's travel time through an area, while the speed method calculates the EMP value based on the speed of vehicles passing through an area. The research was carried out on Monday by recording vehicle activity during rush hour at 2 unsignalized intersections, namely the Monginsidi - Manimbaya intersection and the I Gusti - Tavanjuka intersection. The results of the research obtained that the EMP value for the motorcycle at location 1 using the occupancy time method was 0.37 and the speed method was 0.22; The EMP value for motorbikes at location 2 using the occupancy time method is 0.35, and the speed method is 0.21. The PCE obtained by the speed method at both research locations was both lower than the PCE obtained by the occupancy time method, at location 1 the PCE by the speed method was only 59,46 % of the PCE by the occupancy time method, and at location 2 the EMP speed method was only 60.00% of PCE occupancy time method. Keyword: PCE, Motorcycle, Occupancy Time, Speed, Unsignalized Intersection |