JudulRedesain Geometrik Jalan Trans Sulawesi Palu – Parigi Km. 26+000 – Km. 28+000 |
Nama: MOH. RIZALDI |
Tahun: 2024 |
Abstrak REDESAIN GEOMETRIK JALAN TRANS SULAWESI PALU – PARIGI KM. 26 + 000 – KM. 28 + 000 Moh. Rizaldi, Eko R. Labaso, Astri Rahayu ABSTRAK Jalan Trans Sulawesi Palu – Parigi Km. 26+000 – Km. 28+000 atau yang lebih dikenal jalan Kebun Kopi adalah jalan yang menghubungkan antara Kabupaten Donggala dan Kabupaten Parigi Moutong dengan status jalan nasional serta fungsi jalan arteri primer. Jalan ini memiliki tikungan yang mempunyai jari-jari kecil/kurang dan memiliki jarak antar lengkung horizontal yang tidak sesuai standar sehingga membuat pengendara tidak nyaman. Hal ini dipengaruhi juga dengan keadaan topografi yang merupakan daerah pegunungan sehingga menyebabkan jarak pandang pengemudi pendek.. Oleh karena itu penulis membuat usulan perbaikan / redesain geometrik pada alinemen horizontal dan alinemen vertikal yang sesuai standar Pedoman Desain Geometrik Jalan 2021. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengambilan data berupa data geometrik jalan dan situasi jalan di peroleh dari hasil pengukuran di lapangan. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dengan bantuan software Microsoft Office Excel 2019, Autocad Civil 3D 2018. Berdasarkan hasil analisis kondisi eksisting jalan, dimana pada alinemen horizontal terdapat 24 tikungan yang mana 10 tikungan tidak memenuhi jarak sisipan antar tikungan yaitu > 20 m dan 6 tikungan jenis Spiral – Spiral (SS) yang mana tidak digunakan pada Standar PDGJ 2021. Maka didapatkan usulan perbaikan geometrik jalan dengan hasil redesain diperoleh pada alinemen horizontal yaitu 17 tikungan yang terdiri dari 11 tikungan Spiral – Circle – Spiral dan 6 tikungan Full - Circle. Sedangkan pada alinemen vertikal terdapat 16 lengkung vertikal, diantaranya 9 lengkung vertikal cembung dan 7 lengkung vertikal cekung. Kata Kunci : Alinemen Horizontal, Alinemen Vertikal, Geometrik Jalan, Redesain GEOMETRIC REDESIGN OF TRANS SULAWESI ROAD PALU - PARIGI KM. 26 + 000 - KM. 28 + 000 Moh. Rizaldi, Eko R. Labaso, Astri Rahayu ABSTRACT Trans Sulawesi Road Palu - Parigi Km. 26+000 - Km. 28+000 or better known as Kebun Kopi road is a road that connects Donggala Regency and Parigi Moutong Regency with national road status and primary arterial road function. This road has a bend that has a small radius / less and has a horizontal distance between curves that does not meet the standards so that it makes the driver uncomfortable. This is also influenced by the topography which is a mountainous area, causing short driver visibility. Therefore the author makes a geometric improvement / redesign proposal on horizontal alignments and vertical alignments that comply with the 2021 Road Geometric Design Guidelines standards. The research method used is data collection in the form of road geometric data and road situations obtained from field measurements. Furthermore, the data obtained is processed with the help of Microsoft Office Excel 2019 software, Autocad Civil 3D 2018. Based on the results of the analysis of existing road conditions, where in the horizontal alignment there are 24 bends, of which 10 bends do not meet the insertion distance between bends, which is> 20 m and 6 Spiral - Spiral (SS) type bends which are not used in the PDGJ 2021 Standard. Then the proposed road geometric improvements with the redesign results obtained in the horizontal alignment are 17 bends consisting of 11 Spiral - Circle - Spiral bends and 6 Full - Circle bends. While in the vertical alignment there are 16 vertical curves, including 9 convex vertical curves and 7 concave vertical curves. Keywords : Horizontal Alignment, Vertical Alignment, Road Geometric, Redesign |