JudulPenilaian Kondisi Jalan Menggunakan Metode International Roughness Index Dan Kerusakan Permukaan Jalan Menggunakan Metode Indeks Kondisi Permukaan Studi Kasus: Jalan Karanja Lembah II, Kota Palu |
Nama: KRISTIA AMELIA |
Tahun: 2022 |
Abstrak PENILAIAN KONDISI JALAN MENGGUNAKAN METODE INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX DAN KERUSAKAN PERMUKAAN JALAN MENGGUNAKAN METODE INDEKS KONDISI PERKERASAN (STUDI KASUS JALAN KARANJA LEMBAH II, KOTA PALU) Kristia Amelia, Syamsul Arifin ABSTRAK Jalan Karanja Lembah II Kota Palu banyak mengalami kerusakan dan ketidakrataan pada permukaannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi jalan dan jenis penanganan yang tepat berdasarkan nilai International Roughness Index dan nilai Indeks Kondisi Perkerasan. Metode IRI menggunakan alat Roughometer III yang mencatat kerataan permukaan jalan yang di lewati kendaraan survey. IKP dilakukan secara subjektif dengan mencatat jenis kerusakan, tingkat kerusakan, dan dimensi kerusakan permukaan jalan. Hasil analisis didapatkan rata-rata nilai IRI sebesar 3.3 m/km dengan persentase kondisi jalan baik sebesar 72?n kondisi jalan sedang sebesar 28%. Sedangkan berdasarkan hasil analisis menggunakan metode Indeks Kondisi Perkerasan (IKP) diperoleh rata-rata nilai IKP sebesar 69,9 dengan presentase kondisi jalan sangat baik sebesar 22%, kondisi jalan baik 20%, kondisi jalan sedang 39%, dan kondisi jalan jelek sebesar 11?n kondisi jalan parah sebesar 8%. Kedua metode tersebut yaitu IRI dan IKP memberikan jenis penanganan yang berbeda yaitu. Pemeliharaan rutin untuk metode International Roughness Index (IRI) dan Peningkatan Struktur untuk metode Indeks Kondisi Perkerasan (IKP) Kata Kunci: International Roughness Index (IRI), Roughometer III, Indeks Kondisi Perkerasan (IKP), Kerusakan Jalan, Pemeliharaan Jalan. ASSESMENT OF ROAD CONDITIONS USING THE INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX METHOD AND ROAD SURFACE DAMAGE USING THE PAVEMENT CONDITION INDEX (CASE STUDY OF ROAD KARANJA LEMBAH II, KOTA PALU) Kristia Amelia, Syamsul Arifin ABSTRACT The karanja lembah II, Palu City, suffered a lot of damage and unevenness on its surface. The purpose of this study is to determine the road conditions and the right type of handling based on the International Royghness Index value. The IRI Method uses a roughometer II which record the flatness of the road surface that is passed by the survey vehicle. IKP is carried out subjectively by noting the type of damage, the level of damage, and the dimensions of the damage to the road surface. The result of the analysis obtained an average IRI value of 3.3. m/km whit a percentage of good road conditions of 72% and moderate conditions of 28%. while based on the result of the analysis of the IKP method the road conditions are very good by 22%, good road conditions 20%, moderate road conditions 39% and bad road conditions 11% and severe road conditions 8%. The two methods, namely IRI and IKP, provide different types of treatment, viz. routine maintenance for the international roughness index (IRI) method and structural improvement for the IKP pavement conditions indeks method Keywords: International Roughness Index (IRI), Roughometer III, Pavement Condition Index (IKP), Road Damage, Road Maintenance. |