JudulEvaluasi Kinerja Ruas Jalan Nasional Setelah Pelebaran (Studi Kasus: Ruas Jalan Taipa -Kayumalue) |
Nama: MAGFIRA HULOPI |
Tahun: 2022 |
Abstrak EVALUASI KINERJA RUAS JALAN NASIONAL SETELAH PELEBARAN (STUDI KASUS : RUAS JALAN TAIPA-KAYUMALUE) Magfira Hulopi, Eko Rakhmat Labaso ABSTRAK Ruas Jalan Taipa-Kayumalue termasuk Jalan Nasional dengan tipe jalan 4/2 UD, dengan lebar jalan 7 meter, merupakan jalan arteri primer yang menghubungkan antar Provinsi – provinsi dan Ibu Kota Provinsi. Arus lalu lintas yang melewati jalan tersebut sangat padat pada kondisi jam – jam sibuk. Sehingga dilakukan pelebaran dengan maksud untuk meningkatkan kapasitas jalan dan memperbaiki tingkat pelayanan jalan tersebut. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya volume lalu lintas yang melewati ruas Jalan Taipa – Kayumalue sesudah dilakukan pelebaran, kinerja dan tingkat pelayanan ruas jalan tersebut setelah pelebaran jalan dan untuk mengetahui kinerja dan tingkat pelayanan ruas Jalan Taipa – Kayumalue 10 tahun mendatang. Pengambilan data dilakukan dengan survey langsung ke lapangan untuk mendapatkan data primer. Analisis kinerja mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 untuk jalan luar kota. Dari hasil pengolahan data, setelah pelebaran jalan (Tipe 4/2 UD) volume lalu lintas untuk dua arah sebesar 2014 smp/jam. Berdasarkan analisis kinerja ruas jalan setelah peningkatan jalan, didapatkan kapasitas sebesar 3083 smp/jam, derajat jenuh (DS) didapatkan sebesar 0,65, tingkat pelayanan (Level of Service) ruas jalan setelah pelebaran adalah B dan kinerja ruas jalan 10 tahun yang akan datang didapatkan volume lalu lintas yang melewati ruas jalan sebesar 2767 smp/jam untuk dua arah, derajat jenuh (DS) didapatkan sebesar 0,90, tingkat pelayanan ruas jalan 10 tahun yang akan datang menjadi D. Kata Kunci : Kinerja, tingkat pelayanan, pertumbuhan lalu lintas, jalan luar kota, MKJI, pelebaran |