JudulPenggunaan Metode International Roughness Index (IRI) Dan Indeks Kondisi Perkerasan (IKP) Untuk Penilaian Kondisi Ruas Jalan Karanja Lembah I Kota Palu |
Nama: KAMARUDIN AKANGKUNG |
Tahun: 2022 |
Abstrak PENGGUNAAN METODE INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) DAN INDEKS KONDISI PERKERASAN (IKP) UNTUK PENILAIAN KONDISI RUAS JALAN KARANJA LEMBAH I KOTA PALU Kamarudin Akangkung, Dr. Ir. H. Syamsul Arifin, M.Sc ABSTRAK Ruas Jalan Karanja Lembah I merupakan jalan provinsi yang menghubungkan antara Kabupaten Sigi dan Kota Palu. Ruas Jalan Karanja Lembah I terbilang cukup padat. Hal ini dipengaruhi oleh adanya kegiatan yang berlangsung di kawasan ini, yaitu kawasan perumahan, rumah makan,pertokoan dan Universitas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi jalan dan jenis penanganan yang tepat berdasarkan nilai International Roughness Index dan nilai Indeks Kondisi Perkerasan. Metode IRI menggunakan alat Roughometer III yang dipasang pada suatu kendaraan untuk mencatat kerataan permukaan jalan yang di lewati kendaraan survey. Metode IKP dapat mengambarkan kerusakan secara keseluruhan dengan pengamatan langsung di lapangan dan bersifat subjektif dengan mencatat jenis kerusakan, tingkat kerusakan, dan dimensi kerusakan permukaan jalan. Hasil analisis menggunakan metode IRI diperoleh rata-rata nilai IRI sebesar 3.6 m/km dengan persentase kondisi jalan baik sebesar 81?n kondisi jalan sedang sebesar 19%. Penanganan yang tepat berdasarkan metode IRI adalah pemeliharaan rutin. Sedangkan berdasarkan hasil analisis menggunakan metode Indeks Kondisi Perkerasan (IKP) diperoleh rata-rata nilai IKP sebesar 83 dengan persentase kondisi jalan sangat baik sebesar 43%, kondisi jalan baik 47%, kondisi jalan sedang 5%, dan kondisi jalan jelek sebesar 5%. Penanganan yang tepat berdasarkan metode IKP yaitu pemeliharaan berkala . Kata Kunci: International Roughness Index (IRI), Roughometer III, Indeks Kondisi Perkerasan (IKP), Kerusakan Jalan, Pemeliharaan Jalan. |