JudulPENGARUH PENGURANGAN LEBAR JALUR LALU-LINTAS AKIBAT AKTIVITAS PARKIR PADA BADAN JALAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN KIMAJA KOTA PALU |
Nama: CHEVIN MILLENIO MAMBU |
Tahun: 2025 |
Abstrak Pengaruh Pengurangan Lebar Jalur Lalu-Lintas Akibat Aktivitas Parkir Pada Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan Kimaja Kota Palu Chevin M Mambu¹, Novita Pradani², Rahmatang Rahman³ ABSTRAK Jalan Kimaja Kota Palu merupakan jalan perkotaan dengan ruas jalan yang sering mengalami permasalahan kemacetan, salah satunya diakibatkan oleh pengurangan lebar jalur lalu-lintas akibat aktivitas parkir pada badan jalan. Pengambilan topik Tugas Akhir pada ruas jalan ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pengurangan lebar jalur lalu-lintas akibat aktivitas parkir pada badan jalan terhadap kinerja ruas jalan. Metode analisa yang digunakan adalah metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) tahun 2023. Pengumpulan data dilakukan selama dua hari yaitu hari selasa mewakili hari kerja dan sabtu mewakili waktu libur. Hasil penelitian mendapatkan bahwa derajat kejenuhan Jalan Kimaja tanpa adanya pengurangan lebar jalur akibat aktivitas parkir adalah 0,77 dan setelah adanya pengurangan lebar jalur akibat aktivitas parkir menjadi 1,00. Hasil penelitian ini juga mendapatkan bahwa Tingkat Pelayanan jalan tanpa adanya pengurangan lebar jalur akibat aktivitas parkir adalah (LOS) D dan setelah adanya pengurangan lebar jalur akibat aktivitas parkir menjadi (LOS) E. Kata Kunci: Arus Lalu Lintas, Derajat Kejenuhan, Kinerja Ruas Jalan, Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia, Parkir di badan jalan The Effect of Traffic Lane Width Reduction Due to on Street Parking Activities on the Performance of Kimaja Road Section in Palu City Chevin M Mambu¹, Novita Pradani², Rahmatang Rahman³ ABSTRACT Kimaja Street in Palu City is an urban road with road sections that often experience congestion problems, one of which is caused by a reduction in the width of the traffic lane due to parking activities on the road. The Final Project topic on this road section aims to analyze the effect of reducing the width of the traffic lane due to parking activities on the road body on the performance of the road section. The analysis method used is the Indonesian Road Capacity Guidelines (PKJI) method in 2023. Data collection was carried out for two days, namely Tuesday representing weekdays and Saturday representing holiday time. The results of the study found that the degree of saturation of Kimaja Road without a reduction in lane width due to parking activities was 0.77 and after a reduction in lane width due to parking activities to 1.00. The results of this study also found that the Level of Service of the road without a reduction in lane width due to parking activities was (LOS) D and after a reduction in lane width due to parking activities became (LOS) E. Keywords: Traffic Flow, Degree of Saturation, Road Section Performance, Indonesian Highway Capacity Guidelines, Parking on the road |