JudulPERBEDAAN KONDISI HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN PERKOTAAN |
Nama: SEPTIANTO PATANAN |
Tahun: 2023 |
Abstrak Saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah semakin maju, diantaranya adalah perkembangan dunia transportasi di perkotaan. Namun seiring dengan kemajuannya masalah pun mulai muncul seperti kemacetan lalu lintas yang telah meresahkan para pengguna jalan raya. Seperti terlihat pada ruas jalan Yos Sudarso Kota Palu (± 1412 m). Dalam studi ini perbedaan kondisi hambatan samping sangat berpengaruh pada kinerja lalu lintas, maka dari itu perlu adanya penelitian untuk mengetahui volume lalu lintas, Perbedaan kondisi hambatan samping terhadap kinerja ruas jalan mulai dari tingkat sangat rendah, rendah, sedang, tinggi dan sangat tinggi, serta kecepatan sesaat di ruas jalan Yos Sudarso Kota Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kajian deskriptif analisis untuk mencari besarnya pengaruh aktifitas samping dari suatu jalan terhadap panjang antrian ditinjau dari parameter kelancaran lalu lintas yaitu derajat kejenuhan, dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan menggunakan data geometrik jalan. Volume lalu lintas maksimum pada jalan Yos Sudarso sebesar 2201 smp/jam pada titik satu, hambatan samping 789,3 bobot/jam yang menghasilkan nilai derajat kejenuhan 0.871 dan dikategorikan tingkat pelayanan D. Nilai kecepatan rata – rata dari setiap jenis kendaraan seperti motor (MC) 35,97 km/jam, kendaraan ringan (LV) 29,33 km/jam dan kendaraan berat (HV) 25,10 km/jam. |