JudulEVALUASI KONDISI PERMUKAAN JALAN MENGGUNAKAN METODE ROAD CONDITION INDEX (RCI) DAN METODE INDEKS KONDISI PERKERASAN (IKP). (STUDI KASUS: JALAN PUE BONGO, KOTA PALU) |
Nama: MUHAMMAD HIDAYAT |
Tahun: 2023 |
Abstrak EVALUASI KONDISI PERMUKAAN JALAN MENGGUNAKAN METODE ROAD CONDITION INDEX (RCI) DAN METODE INDEKS KONDISI PERKERASAN (IKP). (STUDI KASUS: JALAN PUE BONGO, KOTA PALU) Muhammad Hidayat, Ir. Eko R. Labaso, S.T., M.Si.,M.T, Dr. Ratnasari Ramlan, S.T., M.T Abstrak Jalan Pue Bongo merupakan jalan yang strategis di Kota Palu. Berdasarkan survei secara visual kondisi jalan cukup banyak mengalami kerusakan akibatnya timbul ketidaknyamaan bagi pengguna jalan. Maka nilai RCI dan IKP perlu diketahui untuk mendapatkan hasil yang lebih teliti untuk menilai kondisi jalan Pue Bongo yang selanjutnya dapat diketahui jenis pemeliharaan untuk jalan tersebut. Nilai international roughness index (IRI), survei ini dilakukan dengan menggunkan alat roughmeter. Alat tersebut berfungsi sebagai alat ukur kerataan jalan dan sebagai alat ukur jarak, yang nantinya akan dikonversi menjadi nilai RCI. Survei indeks kondisi perkerasan, survei ini berguna untuk mengetahui kondisi dari perkerasan yang berkaitan dengan kerusakan pada perkerasan. Variabel yang ditinjau adalah jenis kerusakan, kerapatan kerusakan dan tingkat keparahan kerusakan perkerasan. Hasil survei menggunakan alat Roughmeter III dan konversi dari nilai IRI, maka tingkat kenyamanan dan kerataan (RCI) pada ruas Jalan Pue Bongo dapat dikategorikan sangat baik dilihat dari nilai RCI maksimum dari persamaan Sukirman (1999) sebesar 7.892, sedangkan RCI minimum sebesar 5.276 dengan kondisi perkerasan cukup. Hasil analisis menggunakan metode Indeks Kondisi Perkerasan (IKP) diperoleh rata-rata nilai untuk ruas Jalan Pue Bongo sebesar 67.39 dengan kondisi jalan masuk dalam kategori sedang. Kata Kunci: Indeks Kondisi Perkerasan (IKP), International Roughness Index (IRI), Roughmeter III, Road Condition Index (RCI). EVALUATION OF ROAD SURFACE CONDITIONS USING THE ROAD CONDITION INDEX (RCI) METHOD AND THE PAVEMENT CONDITION INDEX (IKP) METHOD. (CASE STUDY: PUE BONGO STREET, PALU CITY) Muhammad Hidayat, Ir. Eko R Labaso, S.T., M.Si.,M.T., Dr. Ratnasari Ramlan, S.T., M.T ABSTRACT Pue Bongo Street is a strategic road in Palu City. Based on visual surveys, road conditions are quite a lot of damage as a result of which there is an incompatibility for road users. So the RCI and IKP values need to be known to get more thorough results to assess the condition of the Pue Bongo road, which can then be known the type of maintenance for the road. International roughness index (IRI) value, this survey was conducted using a roughmeter tool. The tool functions as a measuring tool for road flatness and as a distance measuring tool, which will later be converted into RCI values. Pavement condition index survey, this survey is useful for knowing the condition of the pavement related to damage to the pavement. The variables reviewed were the type of damage, the density of the damage and the severity of the pavement damage. The results of the survey using the Roughmeter III tool and the conversion of the IRI value, the level of comfort and flatness (RCI) on the Pue Bongo Road section can be categorized very well judging from the maximum RCI value of the Sukirman equation (1999) of 7,892, while the minimum RCI of 5,276 with sufficient pavement conditions. The results of the analysis using the Pavement Condition Index (IKP) method obtained an average value for the Pue Bongo Road section of 67.39 with road conditions entering the moderate category. Keywords: Pavement Condition Index (IKP), International Roughness Index (IRI), Roughmeter III, Road Condition Index (RCI). |