JudulANALISIS PENINGKATAN KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL (STUDI KASUS : Jl. Dr, Wahidin – Jl. Pramuka – Jl.Bakso) Di Kota Palu |
Nama: DREGIAN MAYLTON BOSE |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Simpang jalan Dr Wahidin – Jalan Pramuka – Jl Bakso adalah salah satu simpang dari beberapa simpang yang ada di kota Palu. Lalu lintas pada jalan ini cukup ramai dan kadang terjadi antrian kendaraan akibat pertemuan kendaraan, yang mengakibatkan terjadinya kemacetan, mengurangi tingkat kenyamanan, Untuk itu perlu dilakukan analisis pada persimpangan jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja simpang Jl. Dr,Wahidin – Jl. Pramuka – Jl. Bakso dalam melayani arus lalu lintas di masa sekarang dan masa yang akan datang dan mengetahui solusi dalam memecahkan permasalahan pada simpang tak bersinyal Jl.Dr, Wahidin – Jl. Pramuka – Jl. Bakso. Pengumpulan data diperoleh berdasarkan data primer dan sekunder, data primer yaitu volume lalu lintas, geometrik simpang, dan hambatan samping, data sekunder berupa peta wilayah kota Palu, jumlah penduduk, dan jumlah pertumbuhan kendaraan. Dari hasil penelitian dan pembahasan pada simpang simpang jalan Dr Wahidin – Jalan Pramuka – Jl Bakso didapat jumlah volume arus lalu lintas (Qtot) 2337 smp/jam, Kapasitas (C) 4655,1 smp/jam, Nilai Derajat Kejenuhan (DS) 0,51, dan peluang antrian (QP) 11-25%. Berdasarkan hasil penelitian, kinerja simpang Dr Wahidin – Jalan Pramuka – Jl Bakso memiliki tingkat pelayanan (C) arus stabil, tetapi kecepatan dan gerak kendaraan dikendalikan. Kata Kunci : Simpang Tak Bersinyal, Kapasitas, Derajat Kejenuhan ABSTRACT The Dr. Wahidin intersection – Jalan Pramuka – Jl Bakso is one of several intersections in the city of Palu. The traffic on this road is quite busy and sometimes there are queues of vehicles due to vehicle encounters, which results in congestion, reducing the comfort level. This study aims to determine the performance of the Jl. Dr. Wahidin – Jl. Scouts – Jl. Meatballs in serving traffic flow in the present and in the future and knowing solutions in solving problems at unsignalized intersections Jl.Dr, Wahidin - Jl. Scouts – Jl. Meatball. Data collection was obtained based on primary and secondary data, primary data namely traffic volume, geometric intersections, and side barriers, secondary data in the form of maps of the city of Palu, population, and number of vehicle growth. From the results of research and discussion at the Dr Wahidin intersection - Jalan Pramuka - Jl Bakso, the total volume of traffic flow (Qtot) is 2337 pcu/hour, Capacity (C) is 4655.1 pcu/hour, Degree of Saturation (DS) is 0, 51, and queue odds (QP) 11-25%. Based on the results of the study, the performance of the Dr. Wahidin - Jalan Pramuka - Jl Bakso intersection has a stable flow level of service (C), but controlled vehicle speed and motion Keywords : Signalless Intersection, Capacity, Degree Of Saturation |