Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKINERJA PERKERASAN JALAN DATU PAMUSU - JALAN MANGGA BERDASARKAN INDEKS KONDISI PERKERASAN (IKP) DAN INTERNASIONAL ROUGHNESS INDEKS (IRI) / PAVEMENT PERFORMANCE OF DATU PAMUSU ROAD - MANGGA ROAD BASED ON PAVEMENT CONDITION INDEX (ICP) AND INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI).
Nama: AZIRA
Tahun: 2024
Abstrak
KINERJA PERKERASAN JALAN DATU PAMUSU - JALAN MANGGA BERDASARKAN INDEKS KONDISI PERKERASAN (IKP) DAN INTERNASIONAL ROUGHNESS INDEKS (IRI) Azira, Arief Setiawan / Gusti Made Oka ABSTRAK Dari hasil pengamatan pada ruas jalan Datu Pamusu-Jalan Mangga terdapat beberapa kerusakan pada permukaan jalan, diantaranya yaitu permukaan yang retak, bergelombang, Tambalan, pelepasan butiran, penurunan bahu jalan, lubang, bahkan amblas sehingga memberi pengaruh besar bagi keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kerusakan perkerasan jalan di ruas jalan Datu Pamusu-Jalan Mangga kota Palu dengan menggunakan metode Indeks Kondisi Perkerasan dan Internasional Roughness Indeks serta untuk mengetahui jenis penanganan yang tepat terhadap masalah kerusakan pada ruas jalan Datu Pamusu - jalan Mangga. Penilaian kondisi jalan secara visual diperoleh dengan melakukan survei lapangan menggunakan metode Indeks Kondisi Perkerasan (IKP) dengan mencatat jenis kerusakan, tingkat kerusakan dan dimensi kerusakan permukaan jalan, sedangkan nilai Internasional Roughness Indeks (IRI) diperoleh dengan menggunakan alat Roughmeter 4 yang mencatat kerataan permukaan jalan yang dilewati oleh kendaraan survey. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kondisi fungsional jalan metode IKP memberikan nilai rata-rata 61,111 dengan persentase jalan kondisi sangat baik sebesar 27%, kondisi baik 23%, kondisi sedang sebesar 15%, kondisi jelek 4%, kondisi parah 15%, sangat parah 12?n kondisi hancur sebesar 4%. Sedangkan hasil analisis metode IRI memberikan nilai rata-rata 30,357 m/km dengan persentase kondisi jalan ketegori baik 21%, sedang 79%. Adapun jenis penanganan kerusakan yang telah dianalisis untuk jalan Datu Pamusu-Jalan Mangga dengan menggunakan metode IKP yaitu 700 m pemeliharaan rutin, 200 m pemeliharaan berkala dan 450 m peningkatan jalan sedangkan dengan menggunakan metode IRI yaitu 300 m pemeliharaan rutin, 1.035 m pemeliharaan berkala. Sehingga dari nilai rata-rata yang didapatkan dengan kedua metode tersebut maka penanganan yang direkomendasikan pada ruas Jalan Datu Pamusu-Jalan Mangga adalah pemeliharaan berkala. Kata Kunci: Indeks Kondisi Perkerasan (IKP), International Roughness Index (IRI), Roughometer 4, Kerusakan Jalan, Pemeliharaan Jalan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up