Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEVALUASI SIMPANG TAK BERSINYAL DI KOTA PALU (Studi Pada Simpang Jln. Lagarutu – Jln. Merpati)
Nama: ASTRI
Tahun: 2025
Abstrak
EVALUASI SIMPANG TAK BERSINYAL DI KOTA PALU (STUDI PADA SIMPANG JALAN LAGARUTU – JALAN MERPATI) Astri, Ratnasari Ramlan, Mashuri ABSTRAK Persimpangan jalan merupakan titik konflik yang sering terjadi dalam arus lalu lintas perkotaan, terutama saat volume kendaraan tinggi pada jam – jam sibuk. Konflik ini memerlukan pengendalian untuk mengurangi kecelakaan, derajat kejenuhan, tundaan, antrean serta untuk mengoptimalkan arus lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terjadinya jam puncak dan untuk mengetahui kinerja simpang tak bersinyal jalan Lagarutu – jalan Merpati. Metode penelitian menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023. Survei dilakukan pada hari senin 19 Agustus 2024, pada jam puncak pagi dan sore. Hasil penelitian menunjukkan jam puncak terbanyak terjadi pada sore hari dengan total kendaraan yang melewati simpang sebanyak 1118 Smp/jam, dengan derajat kejenuhan (DJ) Sebesar 0,55, tundaan (T) 10,88 detik dan tingkat pelayanan kategori C. Kata kunci : Simpang tak bersinyal; Kinerja simpang ; PKJI 2023; Simpang-3 PERFORMANCE OF UNSIGNALIZED INTERSECTION IN PALU CITY (STUDI ON THE INTERSECTION OF LAGARUTU ROAD – MERPATI ROAD) Astri, Ratnasari Ramlan, Mashuri ABSTRACT Road intersections are points of conflict that often occur in urban traffic flow, especially when vehicle volumes are high during rush hours. This conflict requires control to reduce accidents. Saturation levels, delays, queues and to optimize traffic flow. This study aims to determine the occurrence of peak hours and to determine the performance of the unsignalized intersection of Lagarutu road – Merpati road. The research method uses the Indonesian Road Capacity Guidelines (PKJI) 2023. The survey was conducted on Monday, August 19 2024, during the morning and evening peak hours. The results of the study showed that the peak hours occurred in the afternoon with a total of 1118 Smp/hour of vehicles passing through the intersection, with a degree of saturation (DJ) of 0,55, a delay (T) of 10,88 seconds and a service level of category C. Keywords : Unsignalized intersection; Intersection performance; PKJI 2023; Intersection3

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up