JudulPengaruh Parkir Kendaraan Di Badan Jalan (On-Street Parking) Terhadap Kinerja Lalu Lintas Jalan Jenderal Basuki Rahmat |
Nama: YUNIA ZUNAYSIA |
Tahun: 2025 |
Abstrak PENGARUH PARKIR KENDARAAN DI BADAN JALAN (ON-STREET PARKING) TERHADAP KINERJA LALU LINTAS JALAN JENDERAL BASUKI RAHMAT Yunia Zunaysia1, Mashuri2 ABSTRAK Ruas Jalan Jenderal Basuki Rahmat khususnya di depan Star Kitchen Kota Palu merupakan ruas jalan yang tinggi aktivitas parkir di badan jalan, yang mana terletak di daerah komersial yang cukup strategis dengan aktifitas sisi jalan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parkir kendaraan di badan jalan terhadap kinerja lalu lintas jalan perkotaan. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan cara survey volume parkir, durasi parkir, volume lalu lintas, hambatan samping dan waktu tempuh yang diambil pada hari Kamis 7 Maret 2024. Metode yang digunakan untuk mengetahui kinerja ruas jalan di depan Star Kitchen adalah Pedoman Kapasitas Jalan Indonesi 2023 (PKJI 2023) dan Regresi Linier Berganda menggunakan SPSS 24.00. Hasil pengolahan data karakteristik parkir di badan jalan untuk volume parkir terbesar terjadi pada jam 17.45 – 18.00 sebanyak 61 kendaraan, untuk durasi parkir sepeda motor (MC) yaitu durasi rata-rata parkirnya 10 menit dan mobil penumpang (LV) yaitu durasi rata-rata parkirnya 21 menit, untuk akumulasi parkir kendaraan terbesar terjadi pada jam 18.30 – 18.45 sebanyak 40 kendaraan, untuk durasi manuver kendaraan masuk parkir sepeda motor (MC) yaitu durasi rata-rata manuvernya 4.99 detik dan mobil penumpang (LV) yaitu durasi rata-rata manuvernya 12.77 detik, untuk durasi manuver kendaraan keluar parkir sepeda motor (MC) yaitu durasi rata-rata manuvernya 18.71 detik dan mobil penumpang (LV) yaitu durasi rata-rata manuvernya 57.11 detik. Hasil penelitian menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023 (PKJI 2023) menunjukkan bahwa tingkat pelayanan ruas jalan di depan Star Kitchen pada kondisi tanpa adanya aktifitas parkir di badan jalan (on street parking) adalah tingkat pelayanan (LOS) B yaitu arus stabil, tetapi kecepatan operasi mulai dibatasi oleh kondisi lalu lintas, pengemudi memiliki kebebasan yang cukup untuk memilih kecepatan, sedangkan kondisi setelah adanya aktifitas parkir di badan jalan (on street parking) adalah tingkat pelayanan (LOS) C yaitu arus stabil, tetapi kecepatan dan gerak kendaraan dikendalikan, pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatan. Untuk hasil analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS 24.00, didapatkan model persamaan terbaik Y = 33,939 – 0,121X1 – 0,222X5, ini menunjukkan bahwa bertambahnya volume parkir sebesar 1 kendaraan maka akan menurunkan kecepatan sebesar 0,121 km/jam dan bertambahnya manuver kendaraan keluar parkir sebesar 1 kendaraan menurunkan 0,222 km/jam. Nilai koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,830, ini menunjukkan bahwa perubahan kecepatan yang dapat dijelaskan oleh variabel karakteristik parkir di badan jalan sebesar 83%. Kata kunci : Karakteristik Parkir di Badan Jalan, Kinerja Jalan, PKJI 2023, SPSS 24.00. |