JudulKINERJA STRUKTURAL JALUR ANGKUTAN BARANG DI KOTA PALU (STUDI KASUS JALAN DATUPAMUSU -MANGGA KOTA PALU) |
Nama: SELVIANITA TA'ELA |
Tahun: 2023 |
Abstrak KINERJA STRUKTURAL JALUR ANGKUTAN BARANG DI KOTA PALU (STUDI KASUS JALAN DATUPAMUSU -MANGGA KOTA PALU) Selvianita Ta’ela, Arief Setiawan, Muflihatun Nurfadillah Efendi ABSTRAK Berdasarkan hasil pengamatan pada ruas jalan Datu Pamusu – Mangga terlihat beberapa kerusakan pada permukaan jalan, sehingga memberi pengaruh besar bagi keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan dan juga berpengaruh pada kinerja sturktural jalan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja struktural dari perkerasan pada ruas jalan Datu Pamusu – Mangga kota Palu. Metode yang digunakan untuk mengetahui kondisi kinerja struktural perkerasan jalan adalah metode Lendutan Balik dengan menggunakan alat Benkelman Beam. Penelitian dilakukan sepanjang jalan Datu Pamusu – Mangga mulai dari STA 0+000 sampai STA1+300. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kondisi struktural melalui pegujian mengunakan alat Benkelman Beam memberikan nilai lendutanrata-rata 218,12 ?m. Nilaikoefisien variansi yang diperoleh dari pengujian lendutan balik adalah 34,97 % sehingga keseragaman lendutan dibagi menjadi 7 segmen agar diperoleh nilai keseragaman yang kurang dari 30 %. Berdasarkan hubungan nilai ESAL dengan nilai lendutan wakil setiap segmen didapatkan jenis penanganan kerusakan yang direkomendasikan untuk jalan Datu Pamusu – Mangga dalah overlay non struktural. Kata Kunci: Kinerja Struktural, Lendutan Balik, Benkelman Beam, Overlay STRUCTURAL PERFORMANCE OF GOODS TRANSPORTATION TRUCK IN PALU CITY (CASE STUDY OF DATUPAMUSU - MANGGA ROAD PALU CITY) Selvianita Ta’ela, Arief Setiawan, Muflihatun Nurfadillah Efendi ABSTRACT Based on the results of observations on the Datu Pamusu – Mangga road section, there is some damage to the road surface, which has a big impact on the safety and comfort of road users and also affects the structural performance of the road. The aim of this research is to determine the structural performance of the pavement on the Datu Pamusu - Mangga road, Palu City. The method used to determine the condition of the structural performance of road pavement is the Reverse Deflection method using the Benkelman Beam tool . The research was carried out along the Datu Pamusu – Mangga road starting from STA 0+000 to STA 1+300. Based on the analysis results, the structural condition obtained through testing using the Benkelman Beam gave an average deflection value of 218.12 ?m. The coefficient of variance value obtained from the reverse deflection test is 34.97% so that the uniformity of the deflection is divided into 7 segments to obtain a uniformity value of less than 30%. Based on the relationship between the ESAL value and the representative deflection value for each segment, the recommended type of damage management for the Datu Pamusu – Mangga road is non-structural overlay. Keywords: Structural Performance, Return Deflection, Benkelman Beam,Overlay |