JudulEVALUASI KINERJA ANGKUTAN KOTA BERDASARKAN PERSEPSI PENGGUNA DAN PENGELOLA DI KOTA PALU |
Nama: DESI L PIRADE |
Tahun: 2023 |
Abstrak Peningkatan jumlah penduduk yang diiringi dengan perbaikan ekonomi, menuntut ketersediaan moda angkutan dalam jumlah yang cukup dan memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pelayanan angkutan kota berdasarkan tingkat kepuasan pengguna dan persepsi pengelola sehingga angkutan kota kembali menjadi moda transportasi utama bagi masyarakat Kota Palu. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode analisis deskriptif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa berdasarkan tingkat kenyamanan dan keamanan pengguna merasa cukup baik. Tarif untuk angkutan kota juga masih dapat dijangkau oleh pengguna yang masih memilih angkutan umum sebagai sarana transportasi sehari-hari. Sedangkan waktu tempuh angkutan kota yang tidak menentu, memiliki penilaian yang kurang baik dari penggunanya yang disebabkan oleh kemacetan, angkutan bergerak dengan kecepatan rendah serta menaik turunkan penumpang dengan sembarangan. Namun, dari pihak pengelola sendiri telah melakukan usaha menghidupkan kembali moda transportasi ini agar masyarakat kembali meminati angkutan kota sebagai alat transportasi untuk menaik turunkan penumpang ditempat yang dituju. Hal ini juga dilakukan sebagai bentuk dari pengurangan kemacetan di jalan raya. Kata Kunci: kinerja, angkutan kota, persepsi, pengguna, pengelola |