JudulANALISIS FLUKTUASI ARUS LALU LINTAS DAN KINERJA JALAN PADA PINTU GERBANG JALAN KOLEKTOR PRIMER AKSES PROVINSI DI KOTA PALU |
Nama: YOSIA CHRISTY DARANDANG |
Tahun: 2023 |
Abstrak ANALISIS FLUKTUASI ARUS LALU LINTAS DAN KINERJA JALAN SAAT JAM SIBUK PADA PINTU GERBANG JALAN KOLEKTOR PRIMER KELUAR/MASUK KOTA PALU (STUDI KASUS: PADA 2 JALAN AKSES PROVINSI DI KOTA PALU) Yosia Christy Darandang, Jurair Patunrangi, Rahmatang Rahman. ABSTRAK Ruas jalan akses Provinsi yang merupakan jalur arteri dalam hal perhubungan, perdagangan dan Pemerintahan antara Kota Palu dan Kabupaten Sigi adalah ruas jalan Karanja Lemba dan Guru Tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang fluktuasi arus lalu lintas, kecepatan rata-rata kendaraan dan kinerja jalan pada saat jam puncak arus lalu lintas pada kedua ruas jalan terjadi. Data primer yang diolah dalam penelitian ini diperoleh langsung melalui survei arus lalu lintas dan survei waktu tempuh kendaraan. Adapun pelaksanaan survei arus lalu lintas dilakukan secara aktual di lapangan pada hari Selasa, yang dimulai pada pukul 06.00 WITA sampai dengan pukul 22.00 WITA, kemudian akan dilakukan survei kedua yaitu survei waktu tempuh dan hambatan samping kendaraan pada jam puncak yang terjadi selama 1 (satu) jam. Berdasarkan survei dan pengolahan data yang dilakukan, pada ruas jalan Karanja Lemba, jam puncak terjadi pada pukul 17.00 -18.00 WITA dengan total volume arus lalu lintas yaitu 2734 kendaraan/jam dan 1277,55 smp/jam, kemudian hambatan samping yang terjadi sebesar 24,1 kejadian/jam dengan klasifikasi kinerja jalan dengan tingkat pelayanan E, kemudian ruas jalan Guru Tua, jam puncak terjadi pada pukul 17.00 -18.00 WITA dengan total volume arus lalu lintas yaitu 2847 kendaraan/jam dan 1352,30 smp/jam, kemudian hambatan samping yang terjadi sebesar 153,4 kejadian/jam dengan klasifikasi kinerja jalan dengan tingkat pelayanan E. Kata Kunci: Fluktuasi Lalu Lintas, Jam Puncak, Kinerja ruas jalan, Tingkat pelayanan jalan. FLUCTUATION ANALYSIS OF TRAFFIC FLOW AND ROAD PERFORMANCE DURING PEAK HOURS AT THE GATE OF THE PRIMARY COLLECTOR ROAD EXIT/ENTER PALU CITY (CASE STUDY: IN 2 (TWO) PROVINCIAL ACCESS ROADS IN PALU CITY) Yosia Christy Darandang, Jurair Patunrangi, Rahmatang Rahman. ABSTRACT The provincial access roads which are arterial roads in terms of transportation, trade and government between Palu City and Sigi Regency are the Karanja Lemba and Guru Tua roads. The purpose of this study is to provide an overview of fluctuations in traffic flow, average vehicle speed and road performance during peak hours of traffic flow on both roads. The primary data processed in this study were obtained directly through traffic flow surveys and vehicle travel time surveys. As for the actual implementation of the traffic flow survey in the field on Tuesday starting at 06.00 WITA until 22.00 WITA, then a second survey will be carried out, namely a survey of travel time and vehicle side obstacles during peak hours which occur for 1 (one) hour. Based on the survey and data processing conducted, on the Karanja Lemba road section, peak hours occur at 17.00 - 18.00 WITA with a total volume of traffic flow, namely 2734 vehicles/hour and 1277.55 smp/hour, then the side obstacles that occur are 24,1 incident/hour with the classification of road performance with service level E, then the Guru Tua road section, peak hours occur at 17.00 - 18.00 WITA with a total traffic flow volume of 2847 vehicles/hour and 1352.30 smp/hour, then side barriers that occurred was 153.4 incidents/hour with the classification of road performance with service level E. Keywords: Traffic Fluctuations, Peak Hours, Road section performance. Level of road service |