Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulDAMPAK AKTIVITAS PARKIR DI BADAN JALAN (ON-STREET PARKING) TERHADAP KINERJA JALAN (STUDI KASUS : JALAN JENDERAL BASUKI RAHMAT KOTA PALU)
Nama: AHMAD RIZKY E. SAPUTRA
Tahun: 2025
Abstrak
Aktivitas parkir di badan jalan (on-street parking) pada ruas Jalan Jenderal Basuki Rahmat Kota Palu menimbulkan dampak signifikan terhadap kinerja jalan, terutama pada jam sibuk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak aktivitas parkir di badan jalan terhadap kinerja jalan yang berupa derajat kejenuhan (DJ), kecepatan arus bebas (VB), kecepatan rata – rata mobil penumpang (VMP), dan tingkat pelayanan (LOS). Metode penelitian mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023, dengan pengumpulan data primer meliputi volume lalu lintas, hambatan samping, waktu tempuh, dan geometrik jalan yang diambil pada hari Minggu 26 Januari 2025 dan hari Kamis 30 Januari 2025 di depan Star Kitchen sampai dengan di depan Mie Garing Sulawesi pukul 15:00 – 20:00 WITA dengan periode waktu 15 menit, serta data sekunder seperti peta lokasi dan jumlah penduduk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas parkir di badan jalan mengurangi kapasitas jalan dari 4 lajur menjadi 2 lajur, sehingga meningkatkan derajat kejenuhan. Pada hari libur, derajat kejenuhan (DJ) meningkat dari 0,31 (LOS B) menjadi 0,65 (LOS C), sementara pada hari kerja, derajat kejenuhan (DJ) naik dari 0,37 (LOS B) menjadi 0,75 (LOS D). Kecepatan arus bebas (VB) turun dari 47,57 km/jam menjadi 37,69 km/jam pada hari libur dan dari 45,63 km/jam menjadi 37,69 km/jam pada hari kerja. Kecepatan rata – rata mobil penumpang (VMP) juga menurun, dari 45,35 km/jam menjadi 29,15 km/jam (hari libur) dan dari 43,05 km/jam menjadi 28,01 km/jam (hari kerja). Kata Kunci: Parkir di badan jalan, kinerja jalan, derajat kejenuhan, tingkat pelayanan, kecepatan. On-street parking activities on the road section of Jenderal Basuki Rahmat Palu City have a significant impact on road performance, especially during peak hours. This study aims to analyze the impact of on-street parking activities on road performance in the form of degree of saturation (DJ), free flow speed (VB), average passenger car speed (VMP), and level of service (LOS). The research method refers to the Indonesian Road Capacity Guidelines (PKJI) 2023, with primary data collection including traffic volume, side obstacles, travel time, and road geometrics taken on Sunday January 26, 2025 and Thursday January 30, 2025 in front of Star Kitchen to in front of Mie Garing Sulawesi at 15:00 - 20:00 WITA with a time period of 15 minutes, as well as secondary data such as location maps and population. The results showed that on-street parking activities reduce road capacity from 4 lanes to 2 lanes, thus increasing the degree of saturation. On weekends, the degree of saturation (DJ) increases from 0.31 (LOS B) to 0.65 (LOS C), while on weekdays, the degree of saturation (DJ) increases from 0.37 (LOS B) to 0.75 (LOS D). The free flow speed (VB) dropped from 47.57 km/h to 37.69 km/h on the weekends and from 45.63 km/h to 37.69 km/h on the weekdays. The average passenger car speed (VMP) also decreased, from 45.35 km/h to 29.15 km/h (on weekend) and from 43.05 km/h to 28.01 km/h (on weekday). Keywords: On-street parking, road performance, degree of saturation, level of service, speed.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up