Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Parkir Kendaraan Di Badan Jalan Terhadap Kinerja Lalu Lintas Jalan Perkotaan
Nama: YERMIA TRIADANA APRINALDY
Tahun: 2023
Abstrak
Ruas jalan di Kota Palu yang tinggi aktivitas parkir di badan jalan (on street parking) yaitu ruas Jalan Jenderal Basuki Rahmat khususnya di depan Grand Hero Swalayan, yang dimana terletak di daerah komersial yang cukup strategis dengan aktifitas sisi jalan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parkir kendaraan di badan jalan terhadap kinerja lalu lintas jalan perkotaan. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan cara survey volume parkir, durasi parkir, volume lalu lintas, hambatan samping dan waktu tempuh yang diambil pada hari Selasa 6 September 2022. Metode yang digunakan untuk mengetahui kinerja ruas jalan di depan Grand Hero Swalayan adalah MKJI 1997 dan Regresi Linier Berganda menggunakan SPSS 24.00. Hasil pengolahan data karakteristik parkir di badan jalan untuk volume parkir terbesar terjadi pada jam 17.45 – 18.00 sebanyak 53 kendaraan, untuk durasi parkir sepeda motor (MC) yaitu durasi rata-rata parkirnya 11 menit dan mobil penumpang (LV) yaitu durasi rata-rata parkirnya 21 menit, untuk akumulasi parkir kendaraan terbesar terjadi pada jam 16.30 – 16.45 sebanyak 41 kendaraan, untuk durasi manuver kendaraan masuk parkir sepeda motor (MC) yaitu durasi rata-rata manuvernya 5.15 detik dan mobil penumpang (LV) yaitu durasi rata-rata manuvernya 13.03 detik, untuk durasi manuver kendaraan keluar parkir sepeda motor (MC) yaitu durasi rata-rata manuvernya 7.18 detik dan mobil penumpang (LV) yaitu durasi rata-rata manuvernya 15.58 detik. Hasil penelitian menggunakan metode MKJI 1997 menunjukkan bahwa tingkat pelayanan ruas jalan di depan Grand Hero Swalayan pada kondisi tanpa adanya aktifitas parkir di badan jalan (on street parking) adalah tingkat pelayanan (LOS) B yaitu arus stabil, tetapi kecepatan operasi mulai dibatasi oleh kondisi lalu lintas, pengemudi memiliki kebebasan yang cukup untuk memilih kecepatan, sedangkan kondisi setelah adanya aktifitas parkir di badan jalan (on street parking) adalah tingkat pelayanan (LOS) C yaitu arus stabil, tetapi kecepatan dan gerak kendaraan dikendalikan, pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatan. Untuk hasil analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS 24.00, didapatkan model persamaan terbaik Y = 35,409 – 0,156X1 – 0,237X5, ini menunjukkan bahwa bertambahnya volume parkir sebesar 1 kendaraan maka akan menurunkan kecepatan sebesar 0,156 km/jam dan bertambahnya manuver kendaraan keluar parkir sebesar 1 kendaraan menurunkan 0,237 km/jam. Nilai koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,860, ini menunjukkan bahwa perubahan kecepatan yang dapat dijelaskan oleh variabel karakteristik parkir di badan jalan sebesar 86%.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up