JudulHUBUNGAN FAKTOR PEMELIHARAAN BAGUNAN GEDUNG FASILITAS PENDIDIKAN TERHADAP KENYAMANAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI WILAYAH KOTA PALU |
Nama: EKA GUNAWAN |
Tahun: 2023 |
Abstrak Pemeliharaan bangunan adalah cara untuk mempertahankan fungsi dari suatu bangunan. Pembangunan infrastruktur fasilitas pendidikan pasca bencana gempa yang terjadi di Kota Palu tahun 2018 mengalami perkembangan yang semakin pesat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan aktor pemeliharaan gedung fasilitas pendidikan terhadap kenyamanan tenaga pendidik di Wilayah Kota Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian ini dengan menggunakan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh faktoraktor pemeliharaan bangunan gedung terhadap tingkat kenyamanan kegiatan pembelajaran yang berlangsung di Wilayah Kota Palu pada 4 (empat) lokasi penelitian di SMA Negeri 5 Palu, SMA Negeri Olahraga Tadulako, SMA Negeri Model Terpadu Madani dan SMK Negeri 1 Palu. Penelitian ini menggunakan 5 (lima) variabel yaitu Pemeliharaan arsitektur (X1), Pemeliharaan struktur (X2), Pemeliharaan Lingkungan (X3), Tata Graha (X4), Mekanikal & Elektrikal (X5), Kenyamanan (Y). Hasil dari pengolahan data populasi dapat disimpulkan bahwa untuk jumlah sampel pada penelitian ini adalah ejumlah 146 orang. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan variabel pemeliharaan arsitektur, pemeliharaan struktur, pemeliharaan lingkungan, tata graha, mekanikal & elektrikal berpengaruh signifikan erhadap kenyamanan lingkungan kerja (Y), dengan persamaan regresi Y= 1,434 +0,051X1 +0,014X2 + 0,231X3 + 0,327X4 + 0,17X5. Hasil penelitian dapat mengetahui faktor pemeliharaan apa yang dapat berpengaruh tinggi terhadap gedung pendidikan agar terciptanya kenyamanan lingkungan kerja bagi pengguna fasilitas gedung. Kata kunci: Faktor pemeliharaan gedung, kenyamanan gedung sekolah, SPSS |