JudulEVALUASI PENERAPAN LAJUR BELOK KIRI LANGSUNG PADA SIMPANG BERSINYAL DI KOTA PALU |
Nama: WELLYAM DIRGA PROKERI PALEMBANGAN |
Tahun: 2024 |
Abstrak EVALUASI PENERAPAN LAJUR BELOK KIRI LANGSUNG PADA SIMPANG BERSINYAL DI KOTA PALU Wellyam Palembangan, Ratnasari Ramlan, Eko Rakhmat Labaso ABSTRAK Penelitian ini adalah mengevalulasi penerapan lajur belok kiri langsung yang terjadi pada simpang empat bersinyal di kota Palu, dengan penerapan studi kasus di simpang empat Jalan Moh Yamin – Jalan Sisingamangaraja. Evaluasi penerapan ini di lakukan dengan cara menganalisis empat skenario yang sudah di rencanakan. Pada penelitian ini metode yang di gunakan adalah sesuai dengan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI), meliputi pengumpulan data lalu lintas melalui survey lapangan, analisis data menggunakan formulir simpang bersinyal,serta melakukan perbandingan kinerja masing-masing skenario berdasarkan parameter seperti kapasitas, tingkat kejenuhan, panjang antrian, dan waktu tundaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja simpang eksisting memiliki Tingkat kejenuhan yang tinggi dan panjang antrian yang signifikan pada beberapa lengan persimpangan, terutama pada saat jam sibuk. Skenario kedua, yang menghilangkan lajur belok kiri langsung, ,menunjukan penurunan yang cukup pada panjang antrian yang terjadi. Sebaliknya pada skenario ke tiga dengan mengubah semua pendekat terdapat belok kiri langsung terjadi tingkat kejenuhan yang tinggi terutama pada Jalan veteran. Skenario keempat, yaitu dengan penambahan lebar pendekat untuk semua lengan, memberikan hasil yang cukup dalam hal peningkatan kapasitas dan pengurangan tingkat kejenuhan serta panjang antrian. Peningkatan lebar pendekat memungkinkan distribusi lalu lintas yang lebih baik dan efisiensi aliran kendaraan yang lebih tinggi. Dengan demikian, penerapan lajur belok kiri langsung dan penambahan lebar pendekat dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan kinerja persimpangan bersinyal di Kota Palu. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pemerintah daerah untuk mempertimbangkan penerapan lajur belok kiri langsung dan penambahan lebar pendekat sebagai bagian dari strategi manajemen lalu lintas di persimpangan bersinyal guna mengurangi kemacetan dan meningkatkan efisiensi lalu lintas. Implementasi rekomendasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang dalam pengelolaan transportasi. Kata Kunci : lajur belok kiri langsung, persimpangan bersinyal, kinerja simpang, PKJI (2023) |