JudulPerencanaan Tebal Perkerasan Lentur Metode MDPJ 2017 No. 04/SE/Db/2017 Yang Dioptimasi Dengan Program Kenpave (Study Kasus Jalan I Gusti Ngurah Rai, Kota Palu) |
Nama: GRAFIO PARIPURNA MANDAKE |
Tahun: 2023 |
Abstrak “PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR METODE MDPJ 2017 NO 04/SE/Db/2017 YANG DIOPTIMASI DENGAN PROGRAM KENPAVE” (STUDI KASUS JALAN I GUSTI NGURAH RAI, KOTA PALU) Grafio P Mandake1, Eko Rakhmat Labaso2, Muflihatun Nurfadillah3 ABSTRAK Pemenuhan tebal perkerasan jalan yang tepat sangatlah dibutuhkan untuk menjamin bahwa perkerasan yang dibangun cukup kuat untuk menopang beban kendaraan yang ada selama umur rencana dan juga tetap memenuhi prinsip ekonomis dalam konstruksinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tebal lapis perkerasan lentur Jalan I Gusti Ngurah Rai Palu menggunakan metode bina marga MDPJ 2017,dan dengan program kenpave serta selisih RAB Tebal Perkerasan dari metode bina marga MDPJ 2017 dengan program kenpave. Metode perencanaan perkerasan lentur yang digunakan mengikuti metode Bina Marga Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 No.04/SE/Db/2017, dan menggunakan Program Kenpave untuk menghitung vertical strain dan horizontal principal starin dari tebal perkerasan yang telah didapat untuk selanjutnya digunakan dalam menghitung jumlah repetisi beban berdasarkan analisa keruskan fatigue dan rutting. Tebal lapis perkerasan menggunakan metode Bina Marga MDPJ 2017 adalah 4 cm untuk AC-WC, 6 cm untuk AC-BC, 18 cm untuk ACBase dan 30 cm untuk LPA.Tebal lapis perkerasan menggunakan program Kenpave didapatkan yaitu 4 cm untuk AC-WC, 6 cm untuk AC-BC, 15 cm untuk AC-Base dan 31 cm untuk LPA.Selisih dari Rancangan Anggaran Biaya untuk tebal perkerasan menggunakan metode Bina Marga MDPJ 2017 dengan Program Kenpave adalah senilai Rp.2,087,513,135.43. Kata kunci: Bina Marga MDPJ 2017, Program Kenpave, Rincian Angaran Biaya "PLANNING OF FLEXIBLE PAVEMENT THICKNESS MDPJ METHOD2017, NO 04/SE/Db/2017 OPTIMIZED WITH THE KENPAVE PROGRAM” CASE STUDY OF I GUSTI NGURAH RAI ROAD, PALU CITY) Grafio P Mandake1, Eko Rakhmat Labaso2, Muflihatun Nurfadillah3 ABSTRACK The proper fulfillment of road pavement thickness is crucial to ensure that the constructed pavement is strong enough to support the vehicle loads throughout its planned lifespan while also maintaining economic principles in its construction. This study aims to determine the flexible pavement thickness of I Gusti Ngurah Rai Palu Road using the MDPJ 2017 road engineering method and the Kenpave program, as well as to compare the difference in the pavement thickness cost estimation between the MDPJ 2017 road engineering method and the Kenpave program. The planning method for flexible pavement follows the Bina Marga Manual Desan Perkerasan Jalan 2017 No.04/SE/ Db/2017 method and utilizes the Kenpave program to calculate the vertical strain and horizontal principal strain of the obtained pavement thickness. These values are then used to calculate the number of load repetitions based on fatigue and rutting damage analysis. The pavement thickness using the MDPJ 2017 road engineering method is 4 cm for AC-WC, 6 cm for AC-BC, 18 cm for AC-Base, and 30 cm for LPA. Meanwhile, the pavement thickness using the Kenpave program is determined as 4 cm for AC-WC, 6 cm for AC-BC, 15 cm for AC-Base, and 31 cm for LPA. The difference in the Budget Estimate for pavement thickness between the MDPJ 2017 road engineering method and the Kenpave program amounts to Rp.2,087,513,135.43. Keyword: Bina Marga MDPJ 2017, Kenpave Program, Detailed Cost Budget |