JudulAnalisis Karakteristik Arus Lalu Lintas Perkotaan Pada Ruas Jalan Jendral Basuki Rahmat Di Kota Palu |
Nama: BUDI ARTAWAN |
Tahun: 2023 |
Abstrak ANALISIS KARAKTERISTIK ARUS LALU LINTAS PERKOTAAN PADA RUAS JALAN JENDRAL BASUKI RAHMAT DI KOTA PALU Budi Artawan ABSTRAK Ada tiga karakteristik utama yang mempengaruhi arus lalu lintas yaitu volume, kecepatan dan kepadatan. Hubungan antara ketiga parameter atau karakteristik arus lalu lintas saling mempengaruhi. Perubahan pada salah satu karakteristik akan berpengaruh pada karakteristik lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari model matematis antara Kecepatan-Kepadatan, Volume-Kepadatan dan Volume-Kecepatan, menentukan model manakah yang paling kuat hubungannya diantara Model Greenshields, Model Greenberg dan Model Underwood serta mencari nilai volume maksimum untuk masing-masing model. Lokasi penelitian terletak di jalan Jendral Basuki Rahmat, data yang diambil pada lokasi penelitian yaitu data volume kendaraan, waktu tempuh kendaraan dan data geometrik. Pelaksanaan pengambilan data dilakukan pada hari Sabtu, 3 Juli 2021 dan Selasa, 6 Juli 2021. Dari hasil pengamatan selama 2 hari volume lalu lintas pada hari sabtu dan selasa sebesar 291,43 smp/jam/2 lajur 2 arah dan 342,86 smp/jam/2 lajur 2 arah. Kecepatan rata-rata lalu lintas pada hari sabtu dan selasa sebesar 32,64 km/jam dan 30,64 km/jam. Dari hasil analisa transformasi-linier diperoleh persamaan hubungan matematis untuk masing-masing model. Untuk model Greenshields pada hari sabtu dan selasa diperoleh model matematis antara lain, Hubungan Kecepatan-Kepadatan : S=46,898-1,524*D dan S=45,670-1,302*D, Hubungan Volume-Kepadatan : V=46,898*D-1,524*D2 dan V=45,670*D-1,302*D2, Hubungan Volume-Kecepatan : V=30,765*S-0,656*S2 dan V=35,065*S-0,768*S2. Untuk model Greenberg pada hari sabtu dan selasa diperoleh model matematis antara lain, Hubungan Kecepatan-Kepadatan : S=(LnD/-0,0761)-(-61,252) dan S=(LnD/-0,060)-(-70,973), Hubungan Volume-Kepadatan : V=(D*LnD/-0,0761)-(D*4,659/-0,0761) dan V=(D*LnD/-0,060)-(D*4,259/-0,060), Hubungan Volume-Kecepatan : V=105,508*Se(-0,0761*S) dan V=70,513*Se(-0,060*S). Untuk model Underwood pada hari sabtu dan selasa diperoleh model matematis antara lain, Hubungan Kecepatan-Kepadatan : LnS=3,899-(D/22,065) dan LnS=3,932-(D/22,129), Hubungan Volume-Kepadatan : V=49,339*De(D/22,065) dan V=51,025*De(D/22,129), Hubungan Volume-Kecepatan : V=22,065*S(3,899-LnS) dan V=22,129*S(3,923-LnS). Untuk hubungan Kecepatan-Kepadatan model Underwood yang terbaik untuk hari sabtu dan Model Greenshield selasa. Untuk hubungan Volume-Kepadatan model Underwood yang terbaik untuk hari sabtu dan selasa. Untuk hubungan Volume-Kecepatan model Underwood yang terbaik untuk hari sabtu dan model Greenberg yang terbaik untuk hari selasa. Untuk masing-masing model didapat nilai volume maksimumnya (Vm), antara lain, Greenshields untuk hari sabtu Vm=360,706smp/jam dan Vm=400,352smp/jam untuk hari selasa. Greenberg untuk hari sabtu Vm=510,313smp/jam dan Vm=432,603smp/jam untuk hari selasa. Underwood untuk hari sabtu Vm=400,500smp/jam dan Vm=415,375smp/jam untuk hari selasa. Kata Kunci : Model Greenshields, Model Greenberg dan Model Underwood |