Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTUDI KARAKTERISTIK KEPUASAN PENGGUNA TRANSPORTASI OJEK ONLINE DI KOTA PALU (STUDI KASUS : GOJEK DAN MAXIM)
Nama: SUCI RAHMAWATY
Tahun: 2022
Abstrak
Di kota Palu terdapat 2 perusahaan ojek online yang telah beroperasi yaitu Gojek dan Maxim. Kehadiran jasa transportasi berbasis online yang terhubung menggunakan internet sangat berpengaruh bagi masyarajat dalam segala aktivitas secara cepat dan efisien. Sebagai penyedia jasa, perusahaan ojek online harus mampu mempertahankan kualitas pelayanan terhadap pelanggan. Kepuasan konsumen dapat dilakukan dengan membandingkan antara kualitas pelayanan yang diberikan masing-masing perusahaan dan harapan dari konsumen tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan karakteristik dan tingkat kepuasan pelanggan dari dua perusahaan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode uji validitas, uji reliabilitas dan persen indeks. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner dalam bentuk google form kepada masyarakat umum sebagai pengguna transportasi online Gojek dan Maxim. Dari hasil pengolahan data didapatkan untuk karakteristik pengguna transportasi ojek online, pengguna lebih banyak memilih menggunakan gojek dengan persentase sebesar 63,21% dibandingkan maxim dengan persentase sebesar 36,79%, hal ini dilihat dari segi umur, pendidikan terakhir, pekerjaan, penghasilan dan tujuan perjalanan pengguna transportasi ojek online. Sedangkan untuk tingkat kepuasan pengguna transportasi ojek online, gojek lebih unggul pada variabel bukti fisik dengan persentase sebesar 92,308?n maxim lebih unggul pada variabel tarif/harga dengan persentase sebar 88,718%.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up