JudulPENGELOLAAN HUNIAN TETAP PASCA GEMPA KOTA PALU (STUDI KASUS: HUNIAN TETAP TONDO) |
Nama: MUH FIERLY ALDRIAN |
Tahun: 2023 |
Abstrak PENGELOLAAN HUNIAN TETAP PASCA GEMPA KOTA PALU (STUDI KASUS : HUNIAN TETAP TONDO) Muh. Fierly Aldrian, Fahirah F ABSTRAK Pada Tanggal 28 September 2018 bencana gempa dengan kekuatan 7,4 SR serta tsunami dan likuefaksi melanda wilayah Provinsi Sulawesi Tengah. Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala menjadi kawasan terdampak bencana. Akibatnya banyak infrastrukutur utama dan rumah warga yang terkena dampak baik kerusakan ringan, sedang dan parah. Melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan upaya rehabilitasi serta rekonstruksi baik sarana dan prasarana umum dan juga pembangunan rumah hunian tetap bagi para korban bencana tersebut. Dalam pelaksanaan suatu proyek konstruksi atau pembangunan hunian tetap, tidak akan pernah terlepas dari pengelolaan pasca bangunan tersebut telah selesai dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerangka kerja pengelolaan dan pemeliharaan hunian tetap serta tingkat kepuasan masyarakat terhadap pengelolaan hunian tetap khususnya kawasan Tondo. Metode penelitian dilakukan dengan cara melakukan wawancara terhadap pihak pengelola huntap (HUNTAP) dan membagikan kuesioner kepada masyarakat yang menempati hunian tetap (HUNTAP) di kawasan Tondo sebanyak 94 responden. Pengolahan data menggunakan metode statistik deskriptif dan metode persentase. Dari 22 pertanyaan yang diajukan terhadap responden tentang kepuasan masyarakat terhadap hunian tetap (HUNTAP) dikategorikan menjadi sangat tidak puas (0%-20%), tidak puas (21%-40%), cukup puas (41%-60%), puas (61%-80%), dan sangat puas (80%-100%). Hasil dari penelitian ini (1). Untuk pengelolaan hunian tetap Tondo memiliki pihak pengelola yaitu pemerintah kota Palu dan Yayasan Buddha Tzu Chi yang terlibat dalam mengatur fasilitas umum berupa infrastruktur, sarana dan prasarana maupun utilitas yang ada. Namun masyarakat juga aktif dalam menjaga dan memelihara sarana dan prasarana yang ada seperti memperhatikan kebersihan lingkungan dan balai pertemuan yang disediakan. (2). Untuk tingkat kepuasan masyarakat berdasarkan hasil persentase rata-rata tingkat kepuasan penghuni terhadap pengelolaan hunian tetap Tondo adalah Puas dengan nilai rata-rata yaitu 64,47%. Dimana 5 dari 22 pertanyaan memeliki nilai persentase tertinggi yaitu Untuk pernyataan lebar dan kondisi jalan perumahan memuaskan dengan nilai persentase (77%), tata letak lingkungan perumahan sesuai harapan (71,60%), Sirkulasi udara yang baik didalam rumah (68,60%), Fasilitas tempat ibadah dan perdagangan tersedia dan baik (67,80%) dan Penataan ruang/desain yang disediakan (67,60%). Kata Kunci: Pengelolaan. Hunian, Tingkat Kepuasan |