Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulDAMPAK AKTIVITAS SMAN 3 TERHADAP KINERJA RUAS JALAN DEWI SARTIKA KOTA PALU
Nama: NOVRIYANUS PATU RERUNG
Tahun: 2024
Abstrak
“DAMPAK AKTIVITAS SMA NEGERI 3 TERHADAP KINERJA RUAS JALAN DEWI SARTIKA KOTA PALU” Novriyanus Patu Rerung, Ir. H. Muhammad Kasan M.T, Ir. Ismadarni, M.Si. ABSTRAK Jalan Dewi Sartika berperan sebagai penghubung antara Kota Palu dan Kabupaten Sigi, terkoneksi dengan jalan provinsi seperti Jalan Moh. Yamin di utara dan Jalan Karanjalembah di selatan. Aktivitas keluar-masuk para siswa dan pengajar dari sekolah ke ruas Jalan Dewi Sartika memberikan dampak signifikan terhadap kinerja ruas jalan tersebut. Permasalahan yang muncul termasuk hambatan samping, diakibatkan oleh pengendara yang berhenti di depan sekolah untuk menjemput atau mengantar, serta penurunan kecepatan pengendara akibat aktivitas keluar-masuk sekolah. Untuk menjawab permasalahan di atas, diperlukan analisis data untuk mengukur seberapa besar pengaruh aktivitas sekolah terhadap dampak lalu lintas. Selain itu, perlu dipahami pola sebaran pergerakan pelajar dengan sekolah sebagai pusat tarikan pergerakan. Penelitian ini bersifat kuantitatif karena data yang diperoleh bersifat primer dan dapat diukur serta dihitung. Data kuantitatif yang dikumpulkan mencakup informasi mengenai geometrik jalan, volume lalu lintas, kecepatan kendaraan, hambatan samping, dan kinerja jalan. Data tersebut akan diolah menggunakan rumus perhitungan yang sesuai dengan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997. Kinerja ruas jalan Dewi Sartika hingga 5 tahun kedepan (tahun 2028) yaitu DS = 0.92 dengan volume 2599,2 smp/jam dengan tingkat pelayanan C dan DS = 0.71 dengan volume 2076,0 smp/jam dengan tingkat pelayanan yaitu C untuk akibat aktivitas sekolah. DS = 0.79 dengan volume 2242,2 smp/jam dengan tingkat pelayanan C dan DS = 0.64 dengan volume 1867,5 smp/jam dengan tingkat pelayanan yaitu B untuk tanpa aktivitas sekolah. Kata Kunci : Kinerja Ruas Jalan, Kota Palu, Dampak Lalu Lintas, Aktivitas Keluar Masuk Sekolah, Tingkat Pelayanan. "THE IMPACT OF STATE HIGH SCHOOL 3 ACTIVITIES ON THE PERFORMANCE OF THE DEWI SARTIKA ROAD SECTION PALU CITY" Novriyanus Patu Rerung, Ir. H. Muhammad Kasan M.T, Ir. Ismadarni, M.Sc. ABSTRACT Dewi Sartika street acts as a link between Palu City and Sigi Regency, connected to provincial roads such as Jalan Moh. Yamin in the north and Jalan Karanjalembah in the south. The in-and-out activities of students and teachers from school to Jalan Dewi Sartika have a significant impact on the performance of this road section. Problems that arise include side obstacles, caused by drivers stopping in front of the school to pick up or drop off, as well as a decrease in driver speed due to activities going in and out of the school. To answer the problems above, data analysis is needed to measure how much influence school activities have on traffic impacts. Apart from that, it is necessary to understand the distribution pattern of student movements with schools as the center of attraction for movement. This research is quantitative because the data obtained is primary and can be measured and calculated. The quantitative data collected includes information regarding road geometry, traffic volume, vehicle speed, side obstacles and road performance. This data will be processed using a calculation formula in accordance with the 1997 Indonesian Road Capacity Manual (MKJI). The performance of the Dewi Sartika road for the next 5 years (2028) is DS = 0.92 with a volume of 2599.2 pcu/hour with a service level of C and DS = 0.71 with a volume of 2076.0 pcu/hour with a service level of C for the impact of school activities. DS = 0.79 with a volume of 2242.2 pcu/hour with a service level of C and DS = 0.64 with a volume of 1867.5 pcu/hour with a service level of B for no school activities. Keywords: Road Performance, Palu City, Traffic Impact, School Entry and Exit Activities, Service Level.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up