JudulPENGARUH KADAR KARET REMAH (CRUMB RUBBER) PADA KARAKTERISTIK MARSHALL DAN VOLUMETRIK PERKERASAN BETON ASPAL LAPIS AUS |
Nama: TAUFIQURRAHMAN |
Tahun: 2023 |
Abstrak Kendaraan bermotor di Indonesia khususnya di Sulawesi Tengah meningkat tiap tahunnya. Pada tahun 2018 tercatat sejumlah 83.547 unit. Meningkatnya jumlah kendaraan di jalan, menghasilkan jutaan ban bekas setiap tahun. Limbah ban karet merupakan salah satu limbah terbesar dan paling bermasalah karena volume besar yang dihasilkan serta daya tahannya, sehingga diperlukan adanya inovasi dalam campuran perkerasan yaitu dengan menggunakan serbuk karet ban bekas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kadar karet remah (crumb rubber) terhadapap karakteristik marshall dan volumetric perkerasan beton aspal lapis AUS.¬ Penelitian dilakukan di Laboratorium Transportasi dan Jalan Raya Universitas Tadulako, Palu dengan menggunakan metode Marshall dan volumetrik. Analisis hubungan antara variasi kadar serbuk karet dengan nilai karakteristik campuran AC-WC. Penambahan variasi kadar serbuk karet yaitu 0 %, 3 %, 6 ?n 9 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KAO yang dipakai (5,5 %) dapat mempengaruhi hasil dari nilai stabilitas, flow, VIM, VMA dan VFB. Dimana nilai stabilitas pada kadar 3% karet remah (crumb rubber) meningkat 104,51%, kadar 6% meningkat 118,26%, kadar 9% meningkat 124,50%. Flow pada kadar 3% karet remah (crumb rubber) meningkat 9,04%, kadar 6% meningkat 9,31%, kadar 9% meningkat 16,49%. VIM pada kadar 3% karet remah (crumb rubber) menurun 13,89%, kadar 6% menurun 17,19%, kadar 9% menurun 26,74%. VMA pada kadar 3% karet remah (crumb rubber) menurun 2,31%, kadar 6% menurun 4,90%, kadar 9% menurun 7,61%. VFB pada kadar 3% karet remah (crumb rubber) menurun 4,10%, kadar 6% menurun 1,01%, kadar 9% meningkat 2,47%. |