Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKAJIAN TINGKAT PELAYANAN SIMPANG BERSINYAL Jl. GATOT SUBROTO – Jl. MOH. HATTA KOTA PALU DI MASA PANDEMI COVID-19
Nama: DHITA FADLIA
Tahun: 2022
Abstrak
KAJIAN TINGKAT PELAYANAN SIMPANG BERSINYAL Jl. GATOT SUBROTO – Jl. MOH. HATTA KOTA PALU DI MASA PANDEMI COVID-19 Dhita Fadlia, Syamsul Arifin ABSTRAK Simpang bersinyal Jl. Gatot Subroto – Jl. Moh. Hatta merupakan bagian penting jaringan transportasi untuk layanan lalu lintas menuju fasilitas pendidikan, perkantoran, perdagangan dan kebutuhan lainnya. Permasalahan pada simpang ini terlihat dari adanya antrian kendaraan pada masing-masing lengan simpang terutama pada jam sibuk. Mengingat pentingnya peranan simpang Jl. Gatot Subroto – Jl. Moh. Hatta tersebut, maka atas dasar ini dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui masalah yang terjadi pada simpang dan mengevaluasi kinerja simpang eksisting Data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder. Data primer terdiri dari data geometrik jalan, volume lalu lintas, waktu sinyal, dan hambatan samping sedangkan data sekunder terdiri dari data peta wilayah dan data pertumbuhan peenduduk sebagai faktor koreksi ukuran kota. Analisis dilakukan dengan cara mengevaluasi kinerja simpang meliputi kondisi awal simpang serta menghitung kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan, dan peluang antrian berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Dari hasil kinerja simpang eksisting diperoleh bahwa nilai derajat kejenuhan (DS) untuk simpang bersinyal adalah pada Jalan Moh. Hatta Timur DS = 0,30 Jalan Gatot Subroto Selatan = 0,53 Jalan Moh. Hatta Barat = 0,33 dan Jalan Gatot Subroto Utara = 0,26. Untuk tundaan rata-rata pada Jalan Moh. Hatta Timur = 44,55 (LOS E), Jalan Gatot Subroto Selatan = 47,56 (LOS E), Jalan Moh. Hatta Barat = 44,59 (LOS E), dan Jalan Gatot Subroto Utara = 43,67 (LOS E). Kata Kunci : Kinerja Simpang, Simpang Bersinyal, MKJI 1997

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up