JudulPENENTUAN NILAI EKIVALENSI MOBIL PENUMPANG PADA RUAS JALAN PERKOTAAN (TIPE JALAN EMPAT LAJUR DUA ARAH TAK TERBAGI (4/2 UD)) |
Nama: MOH. RIZKY LAHAY |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penentuan Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang Pada Ruas Jalam Perkotaan (Tipe Jalan Empat Lajur Dua Arah Tak Terbagi (4/2 UD)) Moh. Rizky Lahay, Arief Setiawan, Nur Hidayat. ABSTRAK Perkembangan di bidang transportasi bagian darat mengalami kemajuan setiap tahunnya, oleh karena itu penggunaan kendaraan individu di Indonesia makin bertambah setiap tahun, khususnya di Kota Palu yang menyebabkan arus lalu lintas. Dengan bertambahnya jumlah kendaraan tiap tahun di Kota Palu dapat mempengaruhi meningkatnya volume lalu lintas, sehingga mempengaruhi nilai ekivalensi mobil penumpang (emp) pada suatu ruas jalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai ekivalensi mobil penumpang Heavy Vehicle dan Motorcycle pada ruas jalan Sam Ratulangi dan membandingkan nilai emp hasil analisis yang menggunakan metode rasio headway dengan metode analisis regresi linier dan juga membandingkan dengan nilai emp yang ada di MKJI. Pelaksanaan survey dilakukan dengan merekam arus lalu lintas menggunakan CCTV selama 1 hari dengan lama perekaman ±12 jam. Data yang akan digunakan dalam penelitian yaitu data volume lalu lintas dan data time headway, data diambil di setiap jam puncak pagi, siang, dan sore selama 2 jam dengan interval 15 menit. Nilai emp hasil perhitungan menggunakan metode rasio headway adalah 0,52 untuk emp Motorcycle (MC) dan 1,63 untuk emp Heavy Vehicle (HV). Perbandingan nilai emp hasil perhitungan menggunakan metode rasio headway dengan nilai emp di MKJI, untuk Heavy Vehicle (HV) memiliki selisih 0,43 dan untuk Motorcycle (MC) 0,27. Perbandingan nilai emp antara kedua metode dengan nilai emp yang ada di MKJI memiliki selisih yang cukup besar yaitu 0,61 dan 0,43 untuk Heavy Vehicle (HV) yang menggunakan metode regresi linier dengan metode rasio headway, dan 0,15 dan 0,27 untuk Motorcycle (MC). Kata Kunci : Ekivalensi Mobil Penumpang, Regresi Linier, Rasio Headway. |