JudulPengembangan Pengukuran International Roughness Index Dengan Menggunakan Sepeda Motor Berdasarkan Aplikasi Roadbump Pro |
Nama: EGI HENDRAWAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak PENGEMBANGAN PENGUKURAN INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX DENGAN MENGGUNAKAN SEPEDA MOTOR BERDASARKAN APLIKASI ROADBUMP PRO Egi hendrawan, Arief Setiawan ABSTRAK International Roughness Index (IRI) merupakan parameter yang digunakan dalam penentuan penilaian kondisi kemantapan jalan. Penilaian kondisi kemantapan dimaksudkan untuk pemilihan program evaluasi jalan. Adapun tujuan dari penelitian ialah untuk mengetahui cara pengambilan dan analisis data IRI pada sepeda motor berdasarkan aplikasi Roadbump Pro, mengetahui kondisi permukaan jalan dan jenis penanganan kerusakan jalan berdasarkan nilai IRI. Metode yang digunakan dalam pengukuran menggunakan aplikasi Roadbump Pro, dengan jenis kendaraan yang digunakan adalah tipe MPV ( Toyota Avanza), sepeda motor jenis matic (Yamaha Fino) dan manual (Yamaha Jupiter Z). Pengambilan data IRI dengan cara mengukur setiap lajur pada segmen jalan I Gusti Ngurah Rai, sehingga diperoleh nilai IRI disetiap lajur dari masing-masing jenis kendaraan survei. Hasil dari pengukuran ketiga kendaraan kemudian dibandingkan untuk mengetahui tingkat keseragaman dan korelasi data IRI menggunakan analisa regresi berganda atau koefiesien determinan (R²). Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan hasil pengukuran IRI yang baik dan memiliki tingkat keseragaman data yang tinggi, dimana nilai IRI sepeda motor mendekati nilai IRI mobil sebagai validatornya. Nilai yang diperoleh pada motor matic lajur kiri R² = 0,8466 dan lajur kanan R² = 0,7224 artinya varian variabel dependent pada lajur kiri diperoleh sebesar 84,66 ?n pada lajur kanan sebesar 72,24 % . Motor manual diperoleh nilai pada lajur kiri R² = 0,9072 dan pada lajur kanan R² = 0,7471 artinya varian variabel dependent pada lajur kiri diperoleh sebesar 90,72 ?n pada lajur kanan sebesar 74,71 %, ini menunjukan bahwa penggunaan sepeda motor dapat dimanfaatkan sebagai kendaraan survei pada pengukuran menggunakan aplikasi Roadbump Pro. Dari hasil penilaian kondisi kerataan jalan menggunakan mobil diperoleh nilai sebasar 11,86 m/km lajur kiri dan lajur kanan 15,49 m/km. Artinya pada lajur kiri dalam kondisi rusak ringan dan lajur kanan dalam kondisi rusak berat, dengan tingkat kemantapan jalan tidak mantap. Evaluasi penanganan yang tepat pada segmen jalan I Gusti Ngurah Rai adalah peningkatan jalan, yang dapat dilakukan dengan perbaikan permukaan perkerasan (lubang,retak,kegemukan,alur) dan persiapan lapis tambah diatas perkerasan lama (overlay). Kata Kunci : International Roughness Index (IRI), Roadbump Pro, Kondisi Jalan, Sepeda Motor, Koefisien Determinan |