JudulKAJIAN SIMPANG JALAN HANG TUAH – JALAN TOMBOLOTUTU PADA SAAT PEMBANGUNAN JEMBATAN TALISE DI KOTA PALU |
Nama: ISWORO YULIMAS |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Dampak pembangunan jembatan Talise terjadi pengalihan arus lalulintas dibeberapa ruas dan simpang jalan di Kota Palu. Simpang Jalan Hang Tuah – Jalan Tomblotutu merupakan salah satu simpang yang terdampak pada saat pembangunan Jembatan Talise. Sehingga saat periode jam puncak terjadi kemacetan pada simpang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja simpang Jalan Hang Tuah – Jalan Tombolotutu pada saat pembangunan jembatan Talise dan untuk mengetahui pengaruh tundaan terhadap kecepatan kendaraan di simpang Jalan Hang Tuah – Jalan Tombolotutu pada saat pembangunan jembatan Talise. Pengambilan data dilakukan menggunakan kamera CCTV pada hari Sabtu, 19 Desember 2020 untuk mewakili hari libur dan hari Selasa,22 Desember 2020 untuk mewakili hari kerja. Pengambilan data dilakukan pada pagi hari (07:00 – 09:00) WITA, siang hari (11:30 – 13:30) WITA, dan sore hari (16:00 – 18:00) WITA Berdasarkan hasil analisis data dengan metode MKJI 1997 diperoleh volume lalu lintas terbesar yaitu pada hari Selasa, 22 Desember 2020 jam 16.00-18.00 WITA, nilai derajat kejenuhan (DS) pada pendekat U = 1,71, S = 1,01, B = 1.64, dan T = 2,09. Nilai tundaan untuk pendekat U = 744,14 det/smp, S = 31,34 det/smp, B = 617,60, dan T = 1053,33 det/smp, Besarnya nilai DS ? 0,85 dan Tundaan ? 60,00 smp/det untuk pendekat uata, timur dan barat sehingga tingkat pelayanan simpang berada pada kategori F dimana kondisi simpang sangat buruk. Besarnya nilai tundaan menyebabkan kecepatan kendaraan melambat bahkan berhenti saat melewati simpang. Kecepatan kendaraan 14,46 km/jam < 40 km/jam (standar kecepatan maksimal lalulintas dalam kota, MKJI 1997). Kata kunci : Simpang Bersinyal, MKJI 1997, Kinerja Simpang |