JudulDampak Aktivitas SMKN 1 Terhadap Kinerja Ruas Jalan R.A Kartini Kota Palu |
Nama: ARDI MURSANDDI |
Tahun: 2024 |
Abstrak “DAMPAK AKTIVITAS SEKOLAH SMK NEGERI 1 PALU TERHADAP KINERJA RUAS JALAN R.A KARTINI KOTA PALU” Ardi Mursanddi, Muhammad Kasan, Mashuri ABSTRAK Jalan Raden Ajeng Kartini (JL R.A Kartini) adalah salah satu jalan yang menjadi pilihan pengendara yang menginkan jalan bebas hambatan. Jalan ini terhubung dengan jalan provinsi Jalan Prof. Moh. Yamin di timur dan Jalan Nasional Wolter Monginsidi di arah barat. Aktivitas keluar masuk para siswa dan pengajar dari sekolah ke Ruas Jalan R.A Kartini memberikan pengaruh terhadap Kinerja Ruas Jalan R.A Kartini. Seperti terjadinya hambatan samping yang di akibatkan pengendara yang mau menjemput atau mengantar yang berhenti didepan sekolah dan penurunan kecepatan pengendara yang terjadi akibat aktivitas keluar masuk sekolah. Dalam menjawab permasalahan diatas, dibutuhkan olahan data seberapa besar pengaruh aktivitas sekolah SMK Negeri 1 Palu terhadap dampak lalu lintas. Jenis Penelitian ini termasuk dalam penelitian Kuantitatif, hal tersebut dikarenakan data yang diperoleh secara keseluruhan yaitu berupa data primer. Pada penelitian ini, data kuantitatif meliputi data geometrik jalan, Volume lalu lintas, kecepatan kendaraan, hambatan samping, kinerja jalan. Data tersebut di olah menggunakan rumus perhitungan berdasarkan MKJI tahun 1997. kinerja Ruas Jalan R.A Kartini hingga 5 tahun kedepan (tahun 2028) yaitu DS = 0.6 dengan volume 1826.70 smp/jam dan tingkat pelayanan B dan DS = 0.7 dengan volume 2139.60 smp/jam dengan tingkat pelayanan saat ini yaitu B untuk akibat aktivitas sekolah. DS = 0.5 dengan volume 1645.20 smp/jam dan tingkat pelayanan B dan DS = 0.6 dengan volume 1928.10 smp/jam dengan tingkat pelayanan saat ini yaitu B untuk tanpa aktivitas sekolah. Kata Kunci : Kinerja Ruas Jalan, Kota Palu, Dampak Lalu Lintas, Aktivitas Keluar Masuk Sekolah, Tingkat Pelayanan. "THE IMPACT OF SMK NEGERI 1 PALU CITY ACTIVITIES ON THE PERFORMANCE OF R.A KARTINI ROAD SECTION" Ardi Mursanddi, Muhammad Kasan, Mashuri. ABSTRACT Raden Ajeng Kartini (JL R.A Kartini) street is one of the roads that is the choice of motorists who want a freeway. This road is connected to the provincial road Prof. Moh. Yamin in the east and National Wolter Monginsidi in the west.. The in-and-out activities of students and teachers from school to the R.A Kartini Road section have an influence on the performance of the R.A Kartini Road Section.. Such as the occurrence of side obstacles caused by motorists who want to pick up or drop off who stop in front of the school and a decrease in the speed of motorists that occur due to activities in and out of school. In answering the problem above, data processing is needed on how much influence the school activities of SMK Negeri 1 Palu have on the impact of traffic, how the pattern of distribution of student movements with schools as a movement pull. This type of research is included in Quantitative research, this is because the data obtained as a whole is in the form of primary data. In this study, quantitative data includes road geometric data, traffic volume, vehicle speed, side obstacles, road performance. The data is processed using a calculation formula based on MKJI in 1997. R.A Kartini road performance for the next 5 years (in 2028), namely DS = 0.6 with a volume of 1826.70 passenger car unit / hour and service level B and DS = 0.7 with a volume of 2139.60 passenger car unit / hour with the current service level of B for the consequences of school activities. DS = 0. 5 with a volume of 1645.20 passenger car unit / hour and service level B and DS = 0.6 with a volume of 1928.10 passenger car unit / hour with the current service level of B for no school activities. Keywords : Road Section, Palu City, Traffic Impact, School Entry and Exit Activities, Service Level. |