JudulPengaruh Intergreen Terhadap Kinerja Simpang Bersinyal Jl. Prof. Moh Yamin - Jl. Dr.Abdurrahman Saleh Di Kota Palu |
Nama: AHMADSYANDI |
Tahun: 2022 |
Abstrak PENGARUH INTERGREEN TERHADAP KINERJA SIMPANG BERSINYAL JL. PROF. MOH. YAMIN – JL. DR. ABDURRAHMAN SALEH DI KOTA PALU Ahmad Syandi, Anas Tahir ABSTRAK Permasalahan pada simpang Jalan Prof. Moh Yamin – Jalan Dr. Abdurrahman Saleh terletak pada waktu sinyal Traffic Light, dimana nilai pada waktu sinyal All Red (semua merah) yaitu 5 detik sehingga nilai Intergreen (waktu antar hijau) menjadi 8 detik melebihi nilai normal pada MKJI 1997, yang mengakibatkan kendaraan memerlukan waktu lebih lama pada saat melewati simpang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intergreen terhadap kinerja simpang bersinyal. Pelaksanaan pengambilan data volume lalu lintas pada hari Selasa,07 September 2021. Waktu survei dibagi menjadi 3 jam puncak pagi, siang, dan sore hari pengambilan data volume lalu lintas menggunakan kamera CCTV. Volume lalu lintas tertinggi pada jam puncak sore hari (16:00 – 18:00) WITA. Penanganan simpang Jalan Prof. Moh Yamin – Jalan Dr. Abdurrahman Saleh terdapat empat skenario, skenario satu yang sangat berpengaruh terhadap kinerja simpang Jalan Prof. Moh Yamin – Jalan Dr. Abdurrahman Saleh. Secara analisis dapat mempengaruhi kinerja simpang khususnya meningkatkan nilai kapasitas sebesar 9%, mengurangi nilai derajat kejenuhan sebesar 9%, serta mengurangi nilai tundaan sebesar 22%. Dalam penanganan simpang Jalan Prof. Moh Yamin – Jalan Dr. Abdurrahman Saleh dilakukan empat skenario penanganan simpang Jalan Prof. Moh Yamin – Jalan Dr. Abdurrahman Saleh. Skenario satu yang memungkinkan untuk di terapkan di lapangan diperoleh waktu sinyal All Red (semua merah) yaitu 2 detik, nilai Intergreen (waktu antar hijau) yaitu 5 detik, dengan menyesuaikan waktu sinyal hijau berdasarkan waktu siklus 173 detik. Diperoleh nilai tundaan pada seluruh lengan simpang yaitu ? 60 det/smp dengan tingkat pelayanan simpang dalam kategori F. Kata Kunci: Waktu Antar Hijau, MKJI 1997, Simpang Bersinyal, Tingkat Pelayanan Simpang THE EFFECT OF INTERGREEN ON THE PERFORMANCE OF SIGNAL ACCESS JL. PROF. MOH. YAMIN – JL. DR. ABDURRAHMAN SALEH IN PALU CITY Ahmad Syandi, Anas Tahir ABSTRACT Problems at the intersection of Jalan Prof. Moh Yamin – Jalan Dr. Abdurrahman Saleh is located at the time of the Traffic Light signal, where the value of the All Red signal time (all red) is 5 seconds so that the Intergreen value (time between greens) becomes 8 seconds, exceeding the normal value in the 1997 MKJI, which causes the vehicle to take longer when passing through the intersection. This study aims to determine the effect of intergreen on the performance of signalized intersections. The implementation of traffic volume data collection on Tuesday, September 7, 2021. The survey time is divided into 3 peak hours in the morning, afternoon, and evening to collect traffic volume data using CCTV cameras. The highest traffic volume is at peak hours in the afternoon (16:00 – 18:00) WITA. Handling the intersection of Prof. Moh Yamin – Jalan Dr. Abdurrahman Saleh there are four scenarios, scenario one which is very influential on the performance of the intersection of Jalan Prof. Moh Yamin – Jalan Dr. Abdurrahman Saleh. The analysis can affect the performance of the intersection, especially by increasing the capacity value by 9%, reducing the degree of saturation by 9%, and reducing the delay value by 22%. In handling the intersection of Jalan Prof. Moh Yamin – Jalan Dr. Abdurrahman Saleh carried out four scenarios of handling the intersection of Jalan Prof. Moh Yamin – Jalan Dr. Abdurrahman Saleh. Scenario one that allows it to be applied in the field is obtained the All Red signal time (all red) is 2 seconds, the Intergreen value (time between greens) is 5 seconds, by adjusting the green signal time based on a cycle time of 173 seconds. The delay value for the entire intersection arm is 60 sec/pcu with the service level of the intersection in category F. Keywords: Inter-Green Time, 1997 MKJI, Signalized Intersection, Intersection Service Level |