JudulPengaruh Antrian BBM Solar Terhadap Kinerja Jalan. Studi Kasus : (SPBU Martadinata) |
Nama: RIFALDI POROTUO |
Tahun: 2024 |
Abstrak Pengaruh Antrian BBM Solar Terhadap Kinerja Jalan Studi Kasus : (SPBU Martadinata) Rifaldi Porotuo, Jurair Patunrangi, Novita Pradani ABSTRAK Pola pergerakan di suatu wilayah yang membebani jaringan jalan dan perubahan tata guna lahan yang berdampak pada lalu lintas seperti antrian perlu dilakukan studi analisis dampak lalu lintas untuk mengetahuai seberapa besar pengaruh antrian terhadap arus lalu lintas. Seperti halnya SPBU dijalan Re Martadinata, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kondisi antrian kendaraan dan memberi gambaran tentang fluktuasi arus lalu lintas pada SPBU Martadinata dan pengaruhnya terhadap kinerja jalan. Penelitian menggunakan metode survei untuk mendapatkan data primer yang diperoleh secara langsung di lapangan. Pengambilan data dilakukan pada pukul 06.00 sampai dengan pukul 22.00, dan dilakukan kembali survei pada jam puncak. Analisis yang dilakukan meliputi pencatatan volume lalu lintas, waktu tempuh kendaraan dan hambatan samping yang melintas di titik pengamatan. Dari hasil penelitian dan pengolahan data diperoleh jam puncak arus lalu lintas pada SPBU Martadinata Jalan Re Martadinata hari Rabu jam puncak terjadi pada pukul 17.00 – 18.00 volume kendaraan sebesar 5152 kendaraan/jam dan 2134,70 smp/jam, kapasitas jalan pada saat ada antrian 2815,34 smp/jam dengan kelas hambatan samping sedang, sedangkan pada saat tanpa antrian 2872,80 smp/jam dengan kelas hambatan samping rendah. Derajat kejenuhan pada saat ada antrian 0,75 dengan tingkat pelayanan C, sedangkan pada saat tanpa antrian 0,74 dengan tingkat pelayanan C. Kata kunci: fluktuasi kendaraan, SPBU, jam puncak, kinerja ruas jalan, antrian, kapasitas, derajat kejenuhan, tingkat pelayanan. The Effect of Diesel Fuel Queues on Road Performance Case Study: (Martadinata Gas Station) Rifaldi Porotuo, Jurair Patunrangi, Novita Pradani ABSTRACT Movement patterns in an area that burden the road network and land use changes that have an impact on traffic such as queues need to be carried out a traffic impact analysis study to find out how much influence queues have on traffic flow. As is the case with gas stations on Re Martadinata Street, Palu City, Central Sulawesi Province. This study aims to evaluate the condition of vehicle queues and provide an overview of traffic flow fluctuations at Martadinata gas stations and their effect on road performance. The study used a survey method to obtain primary data obtained directly in the field. Data collection was carried out at 06.00 until 22.00, and the survey was conducted again at peak hours. The analysis includes recording traffic volume, vehicle travel time and side obstacles passing at the observation point. From the results of research and data processing, it is obtained that the peak hour of traffic flow at Martadinata Gas Station on road Re Martadinata on Wednesday peak hour occurs at 17.00 - 18.00 vehicle volume of 5152 vehicles/hour and 2134.70 smp/hour, road capacity when there is a queue of 2815.34 smp/hour with moderate side obstacle class, while when there is no queue 2872.80 smp/hour with low side obstacle class. The degree of saturation when there is a queue is 0.75 with level of service C, while when there is no queue 0.74 with level of service C. Keywords: vehicle fluctuations, gas stations, peak hours, road section performance, queues, capacity, degree of saturation, level of service. |