Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEVALUASI RUAS JALAN SOEKARNO HATTA KOTA PALU AKIBAT ANTRIAN BBM
Nama: EKHA BAGUS BHAKTA PURNOMO
Tahun: 2023
Abstrak
EVALUASI RUAS JALAN SOEKARNO HATTA KOTA PALU AKIBAT ANTRIAN BBM Ekha Bagus B P. Ratnasari R, M Kasan ABSTRAK Jalan raya merupakan bagian dari prasarana transportasi darat yang memiliki peranan penting untuk menghubungkan suatu tempat ke tempat yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui kinerja ruas jalan Soekarno Hatta terkait kondisi eksisting dan kondisi akibat antrian BBM. Metode pengumpulan data pada penelitian ini penulis melakukan survei pada ruas Jalan Soekarno Hatta Kota Palu (depan SPBU Soekarno Hatta) akibat antrian BBM. Setelah data volume kendaraan didapatkan lalu masuk ke tahap pengolahan data dengan cara menghitung data yang didapat dari survei yang telah dilakukan sebelumnya berdasarkan MKJI 1997 untuk Jalan Luar Kota yaitu menghitung kecepatan arus bebas, kapasitas jalan, derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan dengan data yang didapat berupa volume kendaraan dan kapasitas. Dari hasil penelitian didapatkan nilai volume kendaraan tertinggi terjadi pada Hari Senin jalan Soekarno Hatta Kota Palu sebesar 3611 smp/jam dengan kapasitas 3816 smp/jam sehingga derajat kejenuhan yang didapat 0.946. hal ini menunjukkan bahwa kapasitas jalan sudah terlalu jenuh dan diperlukan tindakan perbaikan kinerja jalan. Kecepatan arus bebas pada ruas jalan Soekarno Hatta adalah 52.5 km/jam dengan kecepatan rata-rata saat terganggu hambatan samping terendah adalah 23.09 km/jam, hal ini menunjukkan bahwa tingkat hambatan samping tinggi dan berpengaruh pada kecepatan kendaraan. Hambatan samping tertinggi pada hari senin dengan katagori hambatan samping Tinggi (H) yaitu sebesar 575 kejadian/jam, disebabkan karena ruas jalan berada tepat banyak pertokoan dan gedung pasar perdagangan. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan didapatkan nilai tingkat pelayanan terburuk iyalah kelas E. Hal ini menunjukkan bahwa arus kendaraan yang terhambat, kecepatan rendah, volume diats kapasitas. Adapun saran dari penelitian ini penulis menyarankan untuk mengurangi tingkat hambatan samping akibat kesadaran masyarakat untuk tidak parkir dan berhenti dibahu jalan serta menaati rambu-rambu larangan yang ada sangat kurang, diperlukan petugas yang berwenang untuk siaga dan menegur serta memberi sanksi jika terjadi pelanggaran. Untuk mengatasi besarnya tundaan akibat keluar masuknya kendaraan yang diakibatkan oleh median yang terdapat tengah ruas jalan yaitu dengan menghilangkan median pada ruas jalan agar mengecilkan dampak hambatan pada ruas jalan. Mempertahankan perubahan arus menjadi satu arah dikarenakan dampak kemacetan lebih berkurang dari pada penggunaan dua arah. Kata Kunci: Evaluasi, Ruas Jalan, Antrian, Volume, Lalu Lintas

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up