Judul"Kajian Kinerja U-Turn Pada Jalan Soekarno-Hatta (Studi Khasus U-Turn Di Depan SPBU Soekarno-Hatta) |
Nama: DANDI REZALDI |
Tahun: 2024 |
Abstrak KAJIAN KINERJA U-TURN PADA JALAN SOEKARNO-HATTA (STUDI KASUS U-TURN DI DEPAN SPBU SOEKARNO-HATTA) Dandi Rezaldi, dibimbing oleh Arief Setiawan ABSTRAK Jalan Soekarno-Hatta merupakan jalan provinsi yang bermedian dan memiliki fasilitas bukaan median disepanjang jalan tersebut. Bukaan median (u-turn) memiliki pengaruh terhadap pengendara yang melintasi jalan tersebut seperti dapat terjadi tundaan dan antrian kendaraan. Khususnya bukaan median yang terletak ± 10 meter dari simpang tiga jalan Soekarno-Hatta – Jalan Roviga sering terjadi contra flow kendaraan pada area tersebut sehingga dapat mengganggu kelancaran lalu lintas pada area tersebut. Analisis dilakukan dengan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia MKJI 1997, dan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder sebagai referensi dan data primer di peroleh dari survei langsung di lapangan. Pengambilan data penelitian dilakukan menggunakan bantuan alat CCTV dengan data yang diperoleh yaitu volume lalu lintas, hambatan samping, waktu tempuh, kecepatan kendaraan, dan panjang antrian. Waktu survei dilaksanakan pada hari senin 18 Januari 2021 yang mewakili hari kerja dan hari sabtu, 23 Januari 2021 mewakili hari libur jam 07.00 – 22.00 WITA. Berdasarkan hasil analisis kinerja u-turn pada Jalan Soekarno-Hatta di sekitar SPBU Soekarno- Hatta sebelum dilakukan penutupan bukaan median (u-turn 2) yang terletak ± 10 meter dari simpang tiga Jalan Soekarno-Hatta – Jalan Roviga memiliki tundaan yang mewakili hari kerja yaitu 6,84 detik (Arah Selatan – Utara ) dengan kategori LOS B dan 7,59 detik (Arah Utara – Selatan) dengan kategori LOS B. Sedangkan yang mewakili hari libur dengan tundaan sebesar 4,57 detik (Arah Selatan – Utara) dan 4,68 detik (Arah Utara – Selatan) dengan kategori LOS A untuk kedua arah ruas jalan. Panjang antrian yang terjadi mewakili hari kerja yaitu 12,2 m (Arah Selatan – Utara ) dan 17,6 m (Arah Utara – Selatan). Sedangkan Panjang antrian yang mewakili hari libur yaitu 4,1 m. Pada fasilitas bukaan median (u-turn 2) banyak kendaraan yang melakukan contra flow dengan jumlah 267 kendaraan pada hari kerja dan 190 kendaraan pada hari libur saat jam puncak. Kata Kunci: U-Turn, Tundaan Kendaraan, Panjang Antrian, Contra Flow |