JudulKESTABILAN LERENG TERHADAP LONGSOR MENGGUNAKAN METODE LIMIT EQUILBRIUM PADA RUAS JALAN DONGGALA KODI |
Nama: SHAFIRA YUNIAR ANWAR |
Tahun: 2021 |
Abstrak SLOPE STABILITY TO LONGSOR USING EQUILBRIUM LIMIT METHOD IN DONGGALA KODI ROAD ROAD STABILITY Shafira Yuniar Anwar, Sriyati Ramadhani Abstrak Landmass movement or landslide is a disaster that often occurs in Indonesia, especially in Central Sulawesi, including the city of Palu. BNPB (2018) notes that the level of landslide hazard in Palu City is in the high category with a score of 23.7. The landslides that occur have an impact on human life and the environment, especially in terms of casualties and material losses as well as crippling economic activities and development around the disaster site. The purpose of this study was to determine the factors that influence slope stability and slope stability based on numerical modeling using the optimal and safe boundary balance method and slope geometry on the road body of the Donggala Kodi section. This research was conducted on the road section of Donggala Kodi KM 10, which is geographically located in Ulujadi District, Palu City, Central Sulawesi Province. The location survey was carried out to determine the height of the slope and the slope of the existing slope and to take soil samples. Soil samples are used to test the technical properties in the laboratory, namely the physical and mechanical properties of the soil. Data input and analysis were performed using the limit equilibrium method with Slide software. This research resulted in the stability of the slope of the road body on the Donggala Kodi KM 10 road section which was a landslide due to the earthquake that occurred on September 28, 2018. The product of this research is to obtain the safety factor and the most optimal or appropriate model to provide recommendations in the stability of the road body of the Donggala section of the road. Kodi KM 10. Keywords: Slope Stability, Road Agency, Donggala Kodi, Limit Equilibrium Method. KESTABILAN LERENG TERHADAP LONGSOR MENGGUNAKAN METODE LIMIT EQUILBRIUM PADA RUAS JALAN DONGGALA KODI Shafira Yuniar Anwar, Sriyati Ramadhani Abstrak Gerakan massa tanah atau tanah longsor merupakan suatu bencana yang sering terjadi di Indonesia, khususnya di Sulawesi Tengah termasuk Kota Palu. BNPB (2018) mencatat bahwa tingkat kerawanan bencana longsor Kota Palu berada dalam kategori tinggi dengan skor 23.7. Bencana longsor yang terjadi menimbulkan dampak pada kehidupan manusia dan lingkungannya terutama dalam hal korban jiwa dan kerugian materi serta melumpuhkan kegiatan perekonomian dan pembangunan di sekitar lokasi bencana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kestabilan lereng, kestabilan lereng berdasarkan pemodelan numeris dengan menggunakan metode limit equilibrium dan merancang geometri lereng yang paling optimal dan aman pada badan jalan ruas Donggala Kodi. Penelitian ini dilakukan Pada ruas jalan Donggala Kodi KM 10 yang secara geografis terletak di Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, Propinsi Sulawesi Tengah. Survey lokasi dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tinggi lereng dan kemiringan lereng eksisting serta pengambilan sampel tanah. Sampel tanah digunakan untuk uji sifat teknik di laboratorium yaitu uji sifat fisis dan mekanis tanah. Input dan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode limit equilibrium dengan perangkat lunak Slide. Penelitian ini menghasilkan kestabilan lereng badan jalan pada ruas jalan Donggala kodi KM 10 yang longsor akibat gempa yang terjadi pada tanggal 28 September 2018. Produk penelitian ini adalah mendapatkan faktor aman dan model yang paling optimal atau tepat untuk memberikan rekomendasi dalam kestabilan lereng badan jalan ruas Donggala Kodi KM 10. Kata kunci: Kestabilan Lereng, Badan Jalan, Donggala Kodi, Metode Limit Equilibrium. |