JudulEVALUASI KEMANTAPAN PERMUKAAN JALAN BERDASARKAN INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) DAN SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) STUDI KASUS : JALAN TRANS SULAWESI KAYUMALUE PAJEKO |
Nama: BAGAS DEO RENATA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Evaluasi Kemantapan Permukaan Jalan Berdasarkan International Roughness Index (IRI) Dan Surface Distress Index (SDI) Studi Kasus: Jalan Trans Sulawesi Kayumalue Pajeko Bagas Deo Renata, Eko R. Labaso ABSTRAK Jalan merupakan prasarana untuk angkutan darat yang sangat penting bagi kelancaran transportasi, dimana jalan dapat memperlancar pertumbuhan sosial ekonomi antar daerah. Kerusakan jalan lebih cepat dari umur rencana sering terjadi khususnya di jalan-jalan arteri. Rehabilitasi dan pemeliharaan jalan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mempertahankan kondisi jalan agar kondisi mantap jalan dapat terus dipertahankan hingga mencapai umur pelayanan yang sesuai dengan perencanaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kerusakan jalan berdasarkan metode International Roughness Index (IRI) dan metode Surface Distress Index (SDI), serta cara menanganinya dengan metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017. Penilaian kondisi perkerasan jalan secara visual diperoleh dengan melakukan survey lapangan menggunakan metode SDI sedangkan, nilai IRI diperoleh dengan survei menggunakan mobil dan memanfaatkan aplikasi RoadBump Pro. Aplikasi RoadBump Pro adalah salah satu aplikasi pada ponsel pintar (smartphone) yang dikembangkan oleh Grimmer Software yang berfungsi untuk mengukur ketidakrataan jalan (road roughness). Hasil penelitian pada jalan Trans Sulawesi Kayumalue Pajeko (STA 5+000 – STA 7+700) menurut metode IRI diperoleh nilai 11,54 m/km ke arah utara dan 11,24 m/km kearah selatan artinya menunjukan bahwa kondisi jalan Trans Sulawesi Kelurahan Kayumalue Pajeko yaitu dalam kondisi rusak ringan dengan tingkat kemantapan jalan tidak mantap. Sedangkan menurut metode SDI diperoleh nilai 35 artinya menunjukan bahwa kondisi jalan dalam kondisi baik. Dari hasil kondisi tingkat kerusakan jalan maka evaluasi penanganan jalan yaitu pemeliharaan berkala. Kata Kunci: Penilaian Kondisi Jalan, IRI, SDI, Pemeliharaan Jalan. ABSTRACT Roads are a very important ground transport infrastructure for smooth transportation, where roads can facilitate socioeconomic growth between regions. Road damage faster than planned lifespans often occurs especially on arterial roads. Road rehabilitation and maintenance is an activity carried out to maintain road conditions so that the stable condition of the road can be maintained until it reaches the service life in accordance with the planning. This research aims to find out the value of road damage based on the International Roughness Index (IRI) method and Surface Distress Index (SDI) method, as well as how to deal with it with the Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 method. Assessment of road hardening conditions is visually obtained by conducting field surveys using SDI method while, IRI value is obtained by surveying using car and utilizing RoadBump Pro application. RoadBump Pro app is one of the apps on smartphones developed by Grimmer Software that serves to measure road roughness. The results of research on the Trans Sulawesi Kayumalue Pajeko road (STA 5+000 - STA 7+700) according to the IRI method obtained a value of 11.54 m/km to the north and 11.24 m/km to the south, meaning that the condition of the Trans Sulawesi Kelurahan Kayumalue Pajeko road is in a lightly damaged condition with unstable road stability. Meanwhile, according to the SDI method, the value is 35 which means that the road conditions are incondition good. From the results of the condition of the level of road damage, the evaluation of road handling is periodic maintenance. Keywords: Assessment of Road Conditions, IRI, SDI, Road Maintenance |