JudulKarakteristik Pelayanan Ojek Online Di Kawasan Palu Timur Di Kota Palu |
Nama: ANNISA FADLIAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak Ojek online merupakan angkutan umum yang sama dengan ojek pada umumnya, yang menggunakan sepeda motor sebagai sarana pengangkutan namun ojek online dapat dikatakan lebih maju karena telah terintegrasi dengan kemajuan teknologi. Diharapkan kepada pemerintah untuk memberikan ojek online payung hukum yang legal mengingat banyaknya permintaan konsumen terhadap moda angkutan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik pengemudi ojek online, pengguna ojek online dan untuk mengetahui karakteristik pelayanan ojek online. Berdasarkan hasil kuesioner diketahui karakteristik driver ojek online menunjukan bahwa jenis kelamin driver ojek online bergendre laki-laki (100%) dan mulai berprofesi menjadi driver yaitu berkisar antara 1 tahun sampai 2 tahun (61%) dengan umur pengemudi antara 25 tahun sampai 29 tahun (24%) dengan pendidikan terakhir pengemudi didominasi oleh pendidikan terakhir SMA/SLTP (67%) dengan jam operasi 12 jam. Sedangkan untuk hasil kuesioner karakteristik pengguna ojek online menunjukan bahwa jenis kelamin pengguna dominan bergendre laki-laki (54%) dengan jenis pekerja swasta (39%) adapun tujuan perjalanan pengguna dominan belanja (34%). Untuk karakteristik pelayanan ojek online yang mana tarif yang ditetapkan sesuai dengan keinginan pengguna dengan pelayanan yang baik (41%) dengan jarak jangkauan yang ditempuh kurang dari 5 km (39%) yang mana penghasilan yang didapatkan oleh driver berkisar antara 2 juta sampai 3 juta (39%) dengan jumlah penumpang 15 orang sampai 20 orang perhari (64%) dengan waktu menunggu ojek online 5 menit sampai 10 menit (57%) dan untuk lama waktu perjalanan 15 menit sampai 30 menit (54%). Kata Kunci : Ojek Online, Pengguna, Pengemudi, Pelayanan. |