JudulKINERJA LALU LINTAS JEMBATAN PALU II |
Nama: JULIAN ILYAS PRATAMA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Kegiatan yang beraneka ragam mendorong masyarakat untuk melakukan pergerakan dalam memenuhi kebutuhannya. Pergerakan atau perpindahan ini memerlukan prasarana transportasi seperti jalan dan jembatan yang merupakan ruang tempat lalu lintas dan kendaraan untuk berpindah dari suatu tempat asal ke tempat tujuan. Jembatan sebagai sarana transportasi mempunyai peranan yang sangat penting bagi kelancaran pergerakan lalu lintas. Jembatan Palu II memiliki peran penting untuk menghubungkan dua wilayah di Kota Palu. Ruas jalan pendekat Jembatan Palu II terletak di Kecamatan Palu Selatan yang merupakan daerah pemukiman penduduk, ruko, kantor, sekolah dan fasilitas umum lainnya. Volume lalu lintas meningkat khususnya pada jam-jam sibuk pagi, siang dan sore hari. Penyempitan jalan di depan kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Donggala mengakibatkan terjadinya kemacetan yang cukup panjang sehingga mengganggu arus kendaraan yang melewati jalan pada jembatan tersebut, sehingga membuat penulis tertarik untuk mengkaji kinerja lalu lintas jembatan Palu II pada saat jam sibuk. Pengambilan data untuk penelitian ini dilakukan dengan cara survei volume lalu lintas, hambatan samping dan kecepatan kendaraan di lapangan. Penelitian dilakukan selama 2 hari, pada saat hari Senin dan hari Minggu sebagai sampel hari kerja dan hari libur kerja mulai pukul 06:30 – 08:30, 11:00 – 13.00 dan 17:00 – 19:00. Data Jumlah kendaraan yang telah diperoleh di konversikan ke dalam satuan smp/jam. Penentuan kelas hambatan samping dan kecepatan kendaraan berdasarkan data survei yang telah diperoleh. Menghitung kapasitas menurut MKJI (1997) untuk jalan perkotaan berdasarkan data yang diperoleh. Berdasarkan hasil analisa data maka didapatkan nilai volume lalu lintas di Jembatan Palu II sebesar 1805 smp/jam serta nilai kapasitas adalah 2330 smp/jam. Sedangkan nilai derajat kejenuhan berada pada nilai 0,775 dengan tingkat pelayanan ada dalam kategori D. Faktor-faktor yang sangat mempengaruhi kapasitas jalan yaitu volume kendaraan, kondisi lingkungan yang terdapat pada jalan tersebut, kecepatan kendaraan, pemisah arah serta hambatan samping. Kata Kunci: Kinerja lalu lintas, kapasitas, volume, derajat kejenuhan, tingkat pelayanan. |