JudulPENGARUH LEBAR JALAN TERHADAP KAPASITAS RUAS JALAN DI KOTA PALU |
Nama: SHOPYAH RAMADHANI SARIKA |
Tahun: 2021 |
Abstrak PENGARUH LEBAR JALAN TERHADAP KAPASITAS RUAS JALAN DI KOTA PALU Shopyah Ramadhani Sarika, H. Anas Tahir, S.T, M.T ABSTRAK Meningkatnya jumlah kendaraan serta pembangunan pemukiman-pemukiman baru baik dalam kota maupun pinggiran kota mengakibatkan meningkatnya arus lalu lintas sehingga akan berpengaruh terhadap kapasitas jalan. Jika lebar lajur lalu lintas sempit atau pengurangan lajur jalan seperti dibangunnya median jalan, aktivitas pedagang kaki lima, dan lain-lain tentu akan mengurangi kapasitas suatu jalan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lebar jalan terhadap kapasitas ruas jalan di kota palu serta hambatan samping yang terjadi. Dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan survei geometrik jalan dengan mengukur penampang melintang jalan. Survei volume kendaraan dilakukan dengan cara menghitung langsung jumlah kendaraan yang melewati titik pengamatan dengan pencatatan secara manual setiap interval 15 menit. Pengambilan data hambatan samping dilakukan dengan frekuensi jumlah kejadian dihitung per 200 m panjang ruas jalan per jam. Data Jumlah kendaaran yang telah diperoleh di konversikan ke dalam satuan smp/jam. Penentuan kelas hambatan samping berdasarkan data survei yang telah diperoleh. Menghitung kapasitas menurut MKJI (1997) untuk jalan perkotaan berdasarkan data yang diperoleh. Berdasarkam hasil penelitian diperoleh volume tertinggi pada ruas Jl. Basuki Rahmat sebesar 2236,90 smp/jam serta nilai kapasitas terbesar 5478,00 smp/jam pada ruas Jl. Basuki Rahmat dengan lebar jalan 14 m. Faktor-faktor yang sangat mempengaruhi kapasitas jalan yaitu volume kendaraan, kondisi lingkungan yang terdapat pada jalan tersebut, lebar jalan, pemisah arah serta hambatan samping. Kata Kunci: Kapasitas, Lebar Jalan, Volume Kendaraan, Hambatan Samping THE EFFECT OF ROAD WIDTH ON THE CAPACITY OF ROADS IN PALU CITY Shopyah Ramadhani Sarika, H. Anas Tahir, S.T, M.T ABSTRACT The increase in the number of vehicles and the construction of new settlements both in the city and in the suburbs has resulted in an increase in traffic flow which will affect road capacity. If the width of the traffic lanes is narrow or the reduction of road lanes such as the construction of road medians, the activity of street vendors, and others, it will certainly reduce the capacity of a road. Therefore, the purpose of this study is to determine the effect of road width on the capacity of roads in palu city and the side friction that occurs. This research was conducted by conducting a geometric road survey by measuring the cross-section of the road. Vehicle volume surveydone by counting directly the number of vehicles passing the observation point by recording manually every 15 minute interval. The side friction data collection was carried out with the frequency of the number of incidents calculated per 200 m of road length per hour. Data The number of vehicles that have been obtained is converted into units of smp/hour. Determination of the class of side friction based on the survey data that has been obtained. Calculating the capacity according to MKJI (1997) for urban roads based on the data obtained. Based on the research results, it was found that the highest volume was on the street of Basuki Rahmat of 2236.90 smp/hour and the largest capacity value of 5478,00 smp/hour on the street of Basuki Rahmat with a road width of 14 m. Factors that greatly affect road capacity are vehicle volume, environmental conditions on the road, road width, directional separation and side friction. Keywords: Capacity, Road Width, Vehicle Volume, Side Barriers |