JudulPerilaku Pengendara Sepeda Motor Saat Memasuki Dilemma Zone Pada Simpang Bersinyal |
Nama: YOSUA DWI SAKTI |
Tahun: 2022 |
Abstrak PERILAKU PENGENDARA SEPEDA MOTOR SAAT MEMASUKI DILEMMA ZONE PADA SIMPANG BERSINYAL Yosua Dwi Sakti, Ratnasari Ramlan ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pengendara sepeda motor saat memasuki dilemma zone pada simpang bersinyal berdasarkan pengujian langsung dilokasi. Lokasi penelitian adalah pada persimpangan jalan Tombolotutu, jalan Soeprapto dan jalan Hangtuah di kota Palu. Pengambilan data lalu-lintas dilakukan dengan memasang action camera dari 2 arah yaitu timur ke barat dan barat ke timur. Data kecepatan dilakukan dengan menggunakan metode spot speed, yaitu kecepatan kendaraan sesaat pada waktu kendaraan tersebut melintasi suatu titik tetap tertentu pada saat mau memasuki persimpangan. Perilaku pengendara sepeda motor saat memasuki dilemma zone pada simpang bersinyal yaitu mempercepat dan memperlambat kendaraan dengan percepatan atau perlambatan pengendara sepeda motor yang bervariasi dengan adanya faktor pendukung sesuai gender, jenis kendaraan, berboncengan atau tidak, dan usia pengendara sepeda motor. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini volume lalu lintas dengan nilai 275 smp/jam. Kecepatan pengendara sepeda motor tercepat saat memasuki persimpangan yaitu sebesar 26,79 km/jam. Kecepatan pengendara sepeda motor terlama saat memasuki persimpangan yaitu sebesar 2,11 km/jam. Percepatan tercepat yang dilakukan pengendara sepeda motor adalah 4,10 m/s² dengan faktor pendukung yaitu pria muda yang menggunakan motor matic dengan tidak berboncengan. Perlambatan terlama yang dilakukan pengendara sepeda motor adalah 0,45 m/s² dengan faktor pendukung yaitu pria muda yang menggunakan motor sport dengan tidak berboncengan. Tidak semua pengendara sepeda motor yang melakukan percepatan itu orang muda dan yang melakukan perlambatan itu orang dewasa. Kata Kunci: Perilaku pengendara, Sepeda Motor, Dilemma Zone, Simpang bersinyal. BEHAVIOR OF MOTORCYCLE RIDERS WHEN ENTERING THE DILEMMA ZONE AT A SIGNAL INTERSECTIONS Yosua Dwi Sakti, Ratnasari Ramlan ABSTRACT This study aims to determine the behavior of motorcycle rider when entering the dilemma zone at signalized intersections based on direct testing at the location. The research location is at the intersection of Tombolotutu Street, Soeprapto Street and Hangtuah Street in the city of Palu. Traffic data collection is done by installing action cameras from 2 directions, namely east to west and west to east. Speed data is carried out using the spot speed method, namely the instantaneous speed of the vehicle when the vehicle crosses a certain fixed point when it is about to enter the intersection. The behavior of motorcycle rider when entering the dilemma zone at signalized intersections is accelerating and slowing down the vehicle by accelerating or decelerating the motorcycle rider which varies with the supporting factors according to gender, type of vehicle, ride a ride or not, and the age of the motorcycle rider. The results obtained from this study traffic volume with a value of 275 pcu/hour. The fastest motorcycle rider speed when entering the intersection is 26.79 km/hour. The longest motorcycle rider speed when entering the intersection is 2.11 km/hour. The fastest acceleration made by a motorcycle rider is 4.10 m/s² with a supporting factor, namely a young man who use an automatic motorbike without ride a ride. The longest deceleration by motorcycle rider is 0.45 m/s² with a supporting factor, namely a young man who use an sport motorbike without ride a ride. Not all motorcycle rider who accelerate are young people and those who decelerate are adults. Keywords: Rider Behavior, Motorcycle, Dilemma Zone, Signal Intersection. |