JudulEVALUASI GEOMETRIK DAN LALU LINTAS RUAS JALAN PALU-KULAWI SEBAGAI JALAN STRATEGIS NASIONAL |
Nama: AMMAR SYAFII |
Tahun: 2023 |
Abstrak EVALUASI GEOMETRIK DAN LALU LINTAS RUAS JALAN PALU-KULAWI SEBAGAI JALAN STRATEGIS NASIONAL Ammar Syafii, Taslim Bahar, Eko R. Labaso ABSTRAK Ruas jalan poros Palu - Kulawi dengan Panjang jalan 66,64 Km merupakan jalan poros yang menghubungkan Kota Palu dengan Kecamatan Kulawi. Dengan bertambahnya pertumbuhan Penduduk sehingga perlunya peningkatan jalan. Tujuan Penelitian adalah Untuk mengetahui perbandingan kondisi geometrik eksisting saat ini dan setelah ditingkatkan dan Untuk mengetahui kinerja ruas jalan eksisting. Data geometrik ruas diperoleh melalui pengukuran langsung di lapangan. Data yang diperoleh berupa lebar perkerasan jalan, lebar bahu, median, jumlah lajur, dan lebar drainase. Data Volume Lalu Lintas diperoleh melalui pengamatan langsung oleh surveyor. Dimana nantinya ketika melakukan pengamatan pada jalan yang akan diteliti para surveyor yang nantinya akan terdiri dari 1 orang disetiap pos. metode yang digunakan untuk menganalisa kinerja Pada Ruas Jalan Palu-Kulawi, adalah dengan mengunakan Metode MKJI 2023. hasil identifikasi dan survei di lapangan maka didapatkan hasil yang dimana diperlukan penyesuaian sesuai dengan PERMEN PU NO. 19 TAHUN 2011 yaitu lebar perkerasan perlu ditambahkan 2,5 m, Lebar bahu di tambahkan 0,5 m, lebar drainase di tambahkan 0,4 m, lebar ambang pengaman ditambahkan 0,5 m, dan lebar badan jalan ditambahkan 5,3 m. Kinerja pada kondisi eksisting diperoleh Volume Arus Lalu Lintas Maksimum sebesar 460,5 smp/jam, dengan Kapasitas = 2594,4 smp/jam, sehingga diperoleh Derajat Kejenuhan = 0,18. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa di Ruas Jalan Palu-Kulawi lancar, hal tersebut dapat dilihat dari DS = 0,18, sehingga arus lalu lintas pada Ruas Jalan Palu –Kulawi dalam kondisi lancar. Kinerja Ruas pada kondisi setelah kapasitas ditingkatkan diperoleh Volume Lalu Lintas Maksimum sebesar 237,90 smp/jam, dengan Kapasitas = 3760 smp/jam, sehingga diperoleh Derajat Kejenuhan = 0,06. Dari hasil analisis tersebut didapatkan DS sebesar 0,06, Sehingga arus lalu lintas pada ruas jalan dalam kondisi lancar. Kata kunci: geometrik, lalu lintas, ruas jalan GEOMETRIC AND TRAFFIC EVALUATION OF PALU-KULAWI ROAD AS A NATIONAL STRATEGIC ROAD Ammar Syafii, Taslim Bahar, Eko R. Labaso ABSTRACT The Palu - Kulawi axis road section with a road length of 66.64 Km is a pivot road that connects Palu City with Kulawi District. With the increase in population growth so the need for road improvements. The research aims to compare the current and after improvements to the existing geometric conditions and to find out the performance of the existing roads. Segment geometric data obtained through direct measurements in the field. The data obtained is in the form of pavement width, shoulder width, median, number of lanes, and drainage width. Traffic Volume data were obtained through direct observation by surveyors. Where later when making observations on the road the surveyors will examine which will consist of 1 person at each post. the method used to analyze performance on the Palu-Kulawi Road Section is to use the MKJI 2023 method. the results of identification and field surveys yield results that require adjustments by PERMEN PU NO. 19 of 2011, namely the width of the pavement needs to be added 2.5 m, the width of the shoulders is added 0.5 m, the width of the drainage is added 0.4 m, the width of the safety threshold is added 0.5 m, and the width of the road body is added 5.3 m. Performance in the existing conditions obtained a Maximum Traffic Flow Volume of 460.5 pcu/hour, with a Capacity = 2594.4 pcu/hour, so that the Degree of Saturation = 0.18 is obtained. From these results, it can be concluded that the Palu-Kulawi Road Section is smooth, it can be seen from DS = 0.18, so that the traffic flow on the Palu-Kulawi Road Section is in smooth condition. The performance of the Section in the condition after the capacity was increased obtained a Maximum Traffic Volume of 237.90 pcu/hour, with a Capacity = 3760 pcu/hour, so that the Degree of Saturation = 0.06 was obtained. From the results of this analysis, it was found that the DS was 0.06 so that the traffic flow on the roads was in smooth condition. Keywords: geometric, traffic, roads |