JudulKINERJA RUAS JALAN KOMPLEKS PENDIDIKAN MADANI (STUDI KASUS PERTIGAAN JALAN SOEKARNO HATTA – R.E MARTADINATA) |
Nama: RAMROY GUNAWAN |
Tahun: 2023 |
Abstrak lKINERJA RUAS JALAN KOMPLEKS PENDIDIKAN MADANI (STUDI KASUS JALAN SOEKARNO HATTA – R.E MARTADINATA) Ramroy Gunawan, Eko R. Labaso, Saparuddin ABSTRAK Ruas Jalan Kompleks Pendidikan Madani berada pada 2 lokasi berbeda yang terhubung antara Jalan Soekarno Hatta dan Jalan R.E Martadinata yang merupakan salah satu jalan nasional dan Provinsi yang berada di kota Palu. Tujuan dan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran serta informasi kinerja arus lalu lintas. Dalam penelitian ini diperlukan data primer yang diperoleh dari hasil survei langsung di lapangan. Pengambilan data dilakukan dengan meninjau langsung di lapangan pada pagi hari pukul 06:00-08:00 WITA dan sore hari dari pukul 15:00-17:00. Analisis yang dilakukan meliputi pencatatan volume lalu lintas dan lama waktu perjalanan kendaraan yang melintasi ruas jalan yang diamati. Dari hasil pengamatan yang dilakukan selama 4 jam di ruas jalan dari arah Jalan Soekarno Hatta, didapatkan kinerja ruas jalan tertinggi terjadi pada waktu pagi hari yaitu pada pukul 07.00 – 07.30, dengan jumlah kendaraan terbanyak mencapai 499 ked/jam sedangkan di ruas jalan dari arah Jalan R.E Martadinata, didapatkan kinerja ruas jalan tertinggi terjadi pada waktu sore hari yaitu pada pukul 16.00 – 16.30, dengan jumlah kendaraan terbanyak mencapai 335 ked/jam. Jalan Kompleks Pendidikan Madani dari arah Jalan Soekaerno Hatta dan Jalan R.E Martadinata memiliki kecepatan arus bebas jalan yang sama sebesar 37,8 km/jam. Jalan Kompleks Pendidikan Madani dari arah Jalan Soekarno Hatta memiliki kapasitas jalan sebesar 1391,443 smp/jam dan Jalan R.E Martadinata memiliki kapasitas jalan sebesar 1630,399 smp/jam. Jalan Kompleks Pendidikan Madani dari arah Jalan Soekarno Hatta memiliki Derajat Kejenuhan sebesar 0,162 dan Jalan R.E Martadinata memiliki Derajat Kejenuhan sebesar 0,094. Tingkat pelayanan Ruas Jalan Kompleks Pendidikan Madani dari arah Jalan Soekarno Hatta dan R.E Martadinata adalah A dengan Kondisi lapangan Arus bebas kecepatan tinggi, pengemudi dapat memilih kecepatan tanpa tundaan Kata Kunci : Derajat kejenuhan, Tingkat pelayanan, Kecepatan arus bebas |