JudulDAMPAK BANGKITAN DAN TARIKAN HUNIAN TETAP TONDO TERHADAP KINERJA SIMPANG JALAN LINGKAR UNTAD – JALAN UNTAD 1 |
Nama: ISRATUN |
Tahun: 2022 |
Abstrak “DAMPAK BANGKITAN DAN TARIKAN HUNIAN TETAP TONDO TERHADAP KINERJA SIMPANG JALAN LINGKAR UNTAD – JALAN UNTAD 1” Dibimbing Oleh Dr. Ir. Taslim Bahar., MT ABSTRAK Kawasan Hunian Tetap Tondo yang saat ini sedang dalam pembangunan merupakan salah satu jenis pemanfaatan tata guna lahan yang akan menimbulkan bangkitan dan tarikan pergerakan. Bangkitan dan tarikan pergerakan adalah jumlah pergerakan yang tertarik ke suatu tata guna lahan atau zona tarikan pergerakan. Pembangunan kawasan hunian tetap tondo akan menyebabkan arus lalu lintas di Simpang Jalan Lingkar Untad – Jalan Untad 1 akan semakin meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja simpang jalan lingkar untad - jalan untad 1 pada kondisi eksisting sebelum pengoperasian hunian tetap, untuk mengetahui kinerja simpang jalan lingkar untad – jalan untad 1 pada kondisi 5 tahun mendatang sebelum pengoperasian hunian tetap, untuk mengetahui berapa besar dampak bangkitan dan tarikan lalu lintas akibat pengoperasian hunian tetap, dan untuk mengetahui kinerja simpang jalan lingkar untad – jalan untad 1 pada kondisi 5 tahun mendatang setelah pengoperasian hunian tetap. Survey pada Simpang Jalan Lingkar Untad – Jalan Untad 1 dilakukan pada tanggal 14 dan 16 Juli 2020, sedangkan pada pintu masuk kawasan Hunian Tetap Tondo dilakukan pada tanggal 2 Maret 2021. Pengambilan data dilakukan pada jam 07.00-10.00 WITA (pagi), dan 15.00-18.00 (sore). Analisis yang dilakukan meliputi kondisi eksisiting dan kondisi mendatang dengan menghitung derajat kejenuhan, dan tundaan simpang berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Dari hasil penelitian didapatkan komposisi lalu lintas pada Simpang Jalan Lingkar Untad – Jalan Untad 1 untuk MC = 75,47%, LV = 23,56 %, dan HV = 0,97%. Bangkitan dan tarikan pergerakan sebesar 1182,3 Smp/Jam. Pada kondisi eksisting diperoleh Q = 935,50 Smp/Jam, C = 2892,18 Smp/Jam, DS = 0,32, dan T = 7,52 dtk/Smp, maka tingkat pelayanan Simpang termasuk dalam LOS B. Pada kondisi 5 tahun mendatang sebelum pengoperasian Hunian Tetap Tondo, diperoleh Q = 1289,56 Smp/Jam, C = 2892,18 Smp/Jam, DS = 0,45, dan T = 8,63 dtk/Smp, maka tingkat pelayanan Simpang termasuk dalam LOS B. Setelah diprediksi 5 tahun mendatang setelah pengoperasian Hunian Tetap Tondo, kinerja Simpang Jalan Lingkar Untad – Jalan Untad 1, diperoleh Q = 2471,84 Smp/Jam, dengan C = 2892,18 Smp/Jam, sehingga diperoleh DS = 0,85, dan T = 12,74 dtk/Smp, maka tingkat pelayanan Simpang 5 tahun mendatang setelah pengoperasian Hunian Tetap Tondo masih termasuk dalam LOS B. Kata Kunci : Kawasan Hunian Tetap Tondo, Bangkitan dan Tarikan Pergerakan, Kinerja Simpang Jalan Lingkar Untad – Jalan Untad 1 |