Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKONDISI PERKERASAN DAN PENANGANAN JALAN I GUSTI NGURAH RAI KOTA PALU
Nama: MUH FIKRI
Tahun: 2022
Abstrak
Berdasarkan hasil pengamatan pada ruas jalan I Gusti Ngurah Rai terlihat kerusakan pada permukaan jalan, diantaranya permukaan yang bergelombang, pelepasan butiran, dan lubang, sehingga memberi pengaruh besar bagi keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi fungsional dan struktural dari perkerasan pada ruas jalan I Gusti Ngurah Rai kota Palu sehingga diperoleh jenis penanganan yang tepat serta mengetahui korelasi antara metode PCI dengan SDI dan metode PCI dengan lendutan balik. Metode yang digunakan untuk mengetahui kondisi fungsional jalan adalah metode PCI dan SDI, serta untuk mengetahui kondisi struktural perkerasan jalan digunakan lendutan balik. Penelitian dilakukan sepanjang jalan I Gusti Ngurah Rai mulai dari STA 0+000 sampai STA 2+400. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kondisi fungsional jalan metode PCI memberikan nilai rata-rata 39,58 dan metode SDI memberikan nilai rata-rata 42,71. Kondisi struktural melalui pengujian benkelmen beam memberikan nilai lendutan rata-rata 856,38 ?m. Koefisien korelasi antara nilai PCI yang dikonversi ke IRI dan nilai SDI pada seluruh segmen adalah r = 0,0722 yang berarti mempunyai hubungan korelasi yang sangat lemah. Secara keseluruhan metode PCI menyatakan jalan dalam kondisi buruk dan metode lendutan balik menyatakan jalan tidak mantap. Jenis penanganan kerusakan yang direkomendasikan untuk jalan I Gusti Ngurah Rai adalah 600 m overlay non struktural, 1100 m overlay struktural dan 700 m rekonstruksi. Kata Kunci: Pavement Conditon Index, Surface Distress Index, Lendutan Balik

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up