JudulDAMPAK REKONSTRUKSI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ANUTAPURA PALU TERHADAP KINERJA SIMPANG PADA KAWASAN SEKITARNYA |
Nama: MUHAMMAD RIFKI HI HASYIM |
Tahun: 2022 |
Abstrak Abstrak: Kota Palu yang mengalami bencana gempa bumi pada 28 September 2018 meruntuhkan sebagian RSUD Anutapura Palu. Upaya Pemerintah Kota Palu untuk memulihkan dan membangkitkan perekonomian kota Palu adalah dengan melakukan rekonstruksi atau pembangunan Gedung Pelayanan RSUD Anutapura Palu. Rekosntruksi RSUD Anutapura Palu akan menimbulkan bangkitan yang berdampak pada lalu lintas, bangkitan baru ini tentunya akan membebani jalan dan simpang di sekitar kawasan RSUD Anutapura Palu. Akibat bangkitan baru yang ditimbulkan dari kawasan tersebut maka perlu adanya studi berupa Analisisis Dampak Lalu Lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja lalu lintas pada simpang sekitar kawasan rekonstruksi RSUD Anutapura Palu pada kondisi eksisting dan setelah 5 tahun mendatang dengan bangkitan/tarikan. Analisis yang dilakukan menghitung derajat kejenuhan, dan tundaan simpang berdasarkan MKJI 1997. Dari hasil penelitian didapatkan komposisi Bangkitan/tarikan pergerakan sebesar 39,38 Smp/Jam. Pada kondisi eksisting Simpang Jl. Tolambu - Jl. Kangkung diperoleh Q = 950,90 Smp/Jam, C = 2401,68 Smp/Jam, DS = 0,40, dan Tundaan simpang = 8,00 smp/detik, maka tingkat pelayanan termasuk dalam LOS B. Pada konidisi 5 tahun mendatang Simpang Jl. Tolambu – Jl. Kangkung, diperoleh Q = 1352,94 Smp/Jam, dengan C = 2401,68 Smp/Jam, DS = 0,56, dan Tundaan Simpang = 9,72 smp/detik, maka tingkat pelayanan 5 tahun mendatang tingkat pelayanan termasuk dalam LOS B. Pada simpang Gate RS - Jl. Tolambu 2 kondisi eksisting diperoleh Q = 514,00 Smp/Jam, C = 2302,58 Smp/Jam, DS = 0,22, dan Tundaan simpang = 5,00 smp/detik, maka tingkat pelayanan termasuk dalam LOS B. Pada konidisi 5 tahun mendatang simpang Gate RS - Jl. Tolambu 2, diperoleh Q = 773,98 Smp/Jam, dengan C = 2302,58 Smp/Jam, DS = 0,33, dan Tundaan Simpang = 7,09 smp/detik, maka tingkat pelayanan 5 tahun mendatang termasuk dalam LOS B. Kata Kunci : Analisa dampak lalu lintas, RSUD Anutapura, MKJI 1997, LOS Abstract: Palu City, which experienced an earthquake on September 28, 2018, collapsed part of the Anutapura Palu Regional Hospital. The effort of the Palu City Government to restore and revive the economy of Palu City is to reconstruct or build the Service Building of Anutapura Palu Regional Hospital. The reconstruction of Anutapura Palu Hospital will cause a rise that has an impact on traffic, this new awakening will certainly burden the roads and intersections around the Anutapura Palu Hospital area. As a result of the new rise caused by the area, there is a need for a study in the form of a Traffic Impact Analysis. The purpose of this study is to determine the traffic performance at the intersection around the reconstruction area of Anutapura Palu Hospital in the existing condition and after the next 5 years with a rise / pull. The analysis carried out calculated the degree of saturation, and delay of interchange based on the 1997 MKJI. From the results of the study, the composition of the Rise / pull movement was obtained by 39.38 Smp / Hour. In the existing condition of Simpang Tolambu Road - Kangkung Road obtained Q = 950.90 Smp / Hour, C = 2401.68 Smp / Hour, DS = 0.40, and Junction Delay = 8.00 smp / second, then the service level is included in LOS B. In the next 5 years Simpang Tolambu Road – Kangkung Road, obtained Q = 1352.94 Smp / Hour, with C = 2401.68 Smp / Hour, DS = 0.56, and Interchange Delay Delay = 9.72 smp / second, then the service level for the next 5 years the service level is included in LOS B. At the Gate intersection RS – Tolambu Road 2 the existing condition is obtained Q = 514.00 Smp / Hour, C = 2302.58 Smp / Hour, DS = 0.22, and Interchange Delay = 5.00 smp / second, then the service level is included in LOS B. In the next 5 years interchange Gate RS – Tolambu Road 2, obtained Q = 773.98 Smp/Hour, with C = 2302.58 Smp/Hour, DS = 0.33, and Interchange Delay = 7.09 smp/smp/sec, then the service level of the next 5 years is included in LOS B. Keywords : Traffic impact analysis, Anutapura Hospital, MKJI 1997, LOS |