Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPEMANFAATAN MATERIAL LIMBAH JALAN SOEKARNO-HATTA SEBAGAI CAMPURAN BETON ASPAL LAPIS AUS MENGGUNAKAN VIATOP66
Nama: I WAYAN EKO PRATAMA
Tahun: 2021
Abstrak
Material bongkaran sisa perkerasan jalan yang telah rusak atau habis umur rencananya atau biasa disebut dengan RAP (Reclaimed Asphalt Pavement). RAP memiliki kendala dalam hal karakteristik seperti menurunnya sifat fisiknya. Penambahan bahan modifikasi aspal yang mengandung viatop66 ke dalam aspal kemungkinan dapat mempengaruhi karakteristik aspal dan mempengaruhi karakteristik dari campuran daur ulang beton aspal lapis aus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik campuran menggunakan viatop66 dan untuk mengetahui kadar viatop66 terbaik pada campuran daur ulang beton aspal lapis aus. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Transportasi dan Jalan Raya, Universitas Tadulako Palu. Penambahan variasi kadar aspal baru dalam campuran adalah 0,0%; 1,0%; 2,0%; dan 3,0%. Penambahan variasi kadar viatop66 dalam aspal adalah 0,0%; 0,2%; 0,4%; dan 0,6% terhadap berat aspal. Penentuan Kadar Aspal Optimum (KAO) perkerasan daur ulang pada campuran beton aspal lapis aus AC – WC menggunakan Metode Marshall. Analisis hubungan antara kadar aspal, kadar viatop66 dan nilai karakteristik menggunakan uji ‘F’ anova dua arah dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian mendapatkan kadar aspal ekstraksi perkerasan daur ulang sebesar 5,21%. Rancangan ulang gradasi gabungan adalah 90% material daur ulang dan 10% agregat baru fraksi ½. Penambahan viatop66 kedalam aspal meningkatkan nilai VIM dan Flow campuran dengan persentase peningkatan rata-rata 12,195% untuk VIM dan 2,136% untuk Flow sedangkan nilai kepadatan, VMA, VFB, stabilitas, MQ dan stabilitas sisa bersifat tidak tetap. Kadar viatop66 terbaik berada di 0,2% pada kadar aspal optimum 1,05%. Kata Kunci : Aspal Daur Ulang, Aspal Modifikasi, Viatop66

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up