Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTUDI LAYANAN ANGKUTAN KOTA DI KOTA PALU (STUDI KASUS JALAN KOTA)
Nama: SITTI AISYA SURYANI
Tahun: 2019
Abstrak
Pengoperasian angkutan kota di kota palu menerapkan sistem Rute Bebas atau Rute dengan Deviasi Penuh. Dimana sistem Rute ini memberikan kebebasan penuh kepada pengemudi, akibatnya pergerakan pengemudi lebih terkonsentrasi pada daerah yang memilki Demand yang tinggi. Hal ini menyebabkan angkutan kota tidak memilki Rute dan Jadwal yang tetap, waktu perjalanan yang tidak dapat diprediksi serta tidak memilki tempat menunggu yang jelas. Studi pelayanan ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pelayanan angkutan Kota terhadap waktu antara (headway), Frekuensi angkutan kota, factor Muat (Load factor) serta kondisi angkutan kota. Data yang diperlukan pada survei ini adalah data primer dan data sekunder, data primer didapatkan melalui survei statis yaitu survei langsung dari luar kendaraan sedangkan data sekunder didapatkan melalui dinas terkait. Pengambilan data primer dilakukan pada ruas jalan kota yang terbagi atas 15 titik lokasi pengamatan dengan durasi 12 jam (06:00-18:00) pada hari kerja dan hari libur. Hasil studi kinerja pelayanan angkutan kota di kota palu pada 15 lokasi pengamatan ruas jalan kota diperoleh 3 lokasi pengamatan yang memililki nilai headway dengan kategori Baik yaitu <10 menit. Nilai factor muat disetiap lokasi pengamatan <70%, yang artinya Baik dari segi kenyamanan namun, kurang optimum unuk kinerja pelayanan angkutan. Jumlah angkutan kota yang beroperasi dikota palu lebih banyak dari jumlah angkutan kota yang terdata pada dinas terkait. Angkutan kota dikota palu perlu dilakukan peremajaan kembali karena banyak kondisi yang kurang layak serta kurangnya sarana dan prasarana. Kata kunci: Rute bebas, headway, frekuensi, faktor muat, data primer, angkutan kota, kinerja pelayanan, jalan kota

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up