Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KINERJA ANGKUTAN KOTA DI PUSAT KOTA PALU
Nama: Ellyni Dwi Fortuna
Tahun: 2019
Abstrak
Sistem rute angkot di Kota Palu adalah rute tidak tetap, akibatnya waktu tunggu angkutan tidak jelas, pergerakan dari asal ke tempat tujuan tergantung dari hasil negosiasi pengguna dan supir angkot, dan waktu perjalanan tidak dapat diprediksi. Tujuan penelitian adalah menganalisis pelayanan angkot terhadap waktu antara (headway), frekuensi angkutan kota, faktor muat (load factor) dan kondisi fisik angkot secara visual di Pusat Kota Palu. Pengambilan data dilakukan di ruas jalan nasional terbagi menjadi 6 lokasi pengamatan berdurasi 12 jam. Data yang diperlukan adalah data sekunder dan data primer. Data sekunder didapatkan melalui Dinas Perhubungan dan Badan Pusat Statistik. Data Primer didapatkan melalui survei langsung yaitu survei statis. Parameter yang digunakan berdasarkan standar kinerja operasional pelayanan angkutan umum Dinas Perhubungan. Hasil analisis menunjukkan bahwa headway pada hari normal di 6 lokasi bervariasi, yaitu ruas Jalan Diponegoro berkisar antara 10-15 menit, ruas jalan Gajahmada, Jalan Jend. Sudirman, Jalan Emi Saelan, dan Jalan Basuki Rahmat yaitu <10>15 menit. Pada hari libur headway pada ruas Jalan Diponegoro, Jalan Basuki Rahmat, dan Jalan Abdul Rahman Saleh yaitu >15 menit, dan ruas Jalan Gajahmada, Jalan. Jend. Sudirman, dan Jalan Emi Saelan yaitu <10 menit. Jumlah angkot yang teramati selama waktu pengamatan di 6 lokasi dipengaruhi oleh aktivitas disekitarnya dan rute tidak tetap. Nilai faktor muat diperoleh <70%, dilihat dari kenyamanan artinya kategori baik, namun untuk kinerja pelayanan kurang optimum. Jumlah angkot yang beroperasi lebih banyak dari jumlah angkot yang terdata menurut izin Dinas Perhubungan Kota Palu. Kata Kunci: Angkutan kota, rute tidak tetap, headway, frekuensi, faktor muat, kondisi angkot, kinerja pelayanan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up