JudulKOEFISIEN DISTRIBUSI LAJUR JALAN ANTAR KOTA DUA LAJUR DUA ARAH |
Nama: MOH AKBAR |
Tahun: 2022 |
Abstrak KOEFISIEN DISTRIBUSI LAJUR JALAN ANTAR KOTA DUA LAJUR DUA ARAH Moh Akbar dan Muhammad Kasan ABSTRAK Perencanaan tebal struktur perkerasan jalan merupakan salah satu bagian dari rekayasa jalan yang bertujuan memberikan pelayanan terhadap arus lalu lintas sehingga memberikan rasa aman dan nyaman pada pengguna jalan. Agar kontruksi jalan dapat melayani arus lalu lintas sesuai dengan umur rencana maka perlu diadakan perencanaan perkerasan yang baik, karena dengan begitu kontruksi perkerasan jalan mampu memikul beban kendaraan yang melintas di atasnya dan menyebarkan beban tersebut ke lapisan-lapisan di bawahnya. Salah satu parameter yang digunakan di dalam perencanaan tebal perkerasan jalan adalah koefisien distribusi (C), dimana koefisien distribusi (C) dapat mempengaruhi tebal pada perkerasan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh nilai koefisien distribusi lajur (C) pada jalan antar kota dua lajur dua arah sesuai kondisi perilaku pengemudi kendaraan khususnya pada ruas jalan Antar Kota Palu-Donggala dan mengetahui perilaku pengemudi kendaraan dalam memilih lajur jalan. Pelaksanaan survey dilakukan selama 2 hari dengan pengambilan data selama 16 jam mewakili hari kerja dan hari lain (hari libur) dimana interval waktu yang digunakan yaitu per 60 menit. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data jejak roda kendaraan ringan, data jejak roda kendaraan berat, dan data jejak roda kendaraan bermotor dimana data jejak roda kendaaraan bermotor hanya sebagai pelengkap. Pembagian jejak roda kendaraan setiap lajur dibagi menjadi dua petak pengamatan sehingga diperoleh empat jejak roda kendaraan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai koefisien distribusi (C) untuk kendaraan ringan (< 5> 5 Ton) sebesar 50,3%. Kata kunci : Koefisien distribusi lajur jalan antar kota, dua lajur dua arah, kendaraan ringan dan kendaraan berat, nilai koefisien distribusi (C). COEFFICIENT OF DISTRIBUTION OF TWO-LANE TWO-WAY INTERCITY ROAD DISTRIBUTION Moh Akbar and Muhammad Kasan ABSTRACT Thick planning of road pavement structure is one part of road engineering that aims to provide services to traffic flow so as to provide a sense of safety and comfort to road users. In order for road construction to serve the flow of traffic in accordance with the age of the plan, it is necessary to hold a good pavement planning, because that way the pavement construction is able to shoulder the load of vehicles passing over it and spread the load to the layers below. One of the parameters used in road pavement thick planning is the distribution coefficient (C), whereby the distribution coefficient (C) can affect the thickness of the pavement. This study aims to obtain the value of lane distribution coefficient (C) on two-way intercity roads according to the behavior conditions of vehicle drivers, especially on the Palu-Donggala Intercity road and to know the behavior of vehicle drivers in choosing road lanes. The survey was conducted for 2 days with data retrieval for 16 hours representing weekdays and other days (holidays) where the time interval used is per 60 minutes. The data used in this study are light vehicle wheel trail data, heavy vehicle wheel trail data, and motor vehicle wheel trail data where motor vehicle wheel trail data is only as a complement. The distribution of vehicle wheel trails per lane is divided into two observation tiles so that four traces of vehicle wheels are obtained. The results of this study showed that the value of distribution coefficient (C) for light vehicles (< 5> 5 Tons) of 50.3%. Keywords: Coefficient of distribution of intercity road lanes, two-way lanes, light vehicles and heavy vehicles, distribution coefficient value (C). |