JudulKOEFISIEN DISTRIBUSI LAJUR JALAN PERKOTAAN DUA LAJUR DUA ARAH |
Nama: LIGUSMANT HAWANE |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dalam perencanaan tebal lapis perkerasan adalah faktor lalu lintas yang berupa beban dan repetisi beban. Repetisi beban lintasan kendaraan yang berlangsung secara terus menerus dan tidak terdistribusi dengan merata menimbulkan kerusakan yang tidak sama pada setiap lajur. Bagian jalan yang sering dilalui oleh kendaraan akan cepat mengalami kerusakan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh nilai koefisien distribusi lajur (C) pada distribusi lajur jalan perkotaan dua lajur dua arah pada jalan Lalove. Pelaksanaan survey dilakukan selama 2 hari dengan waktu pengambilan data selama 16 jam di mana interval waktu yang digunakan yaitu 60 menit. Data yang digunakan di dalam penelitian yaitu data jejak roda kendaraan ringan, jejak roda kendaraan berat dan jejak roda sepeda motor hanya sebagai pelengkap. Pembagian jejak roda kendaraan setiap lajur dibagi menjadi 2 (dua) petak sehingga diperoleh 4 (empat) jejak roda kendaraan untuk kedua lajur. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa nilai koefisien distribusi kendaraan ringan (<5>5 Ton) sebesar 51,5%. Berdasarkan proses analisis data kendaraan pada lokasi pengamatan dan ketentuan Bina Marga tentang koefisien distribusi lajur tidak terdapat perbedaan nyata. Maka koefisien distribusi lajur yang di jalan Lalove sesuai dengan teori yang ada. Persentase Pengendara kendaraan ringan yang disiplin sebesar 86?n yang tidak disiplin sebesar 16%. Berarti masih banyak Pengendara kendaraan ringan yang kurang disiplin pemilihan lajur. Persentase Pengendara kendaraan berat yang disiplin sebesar 81?n yang tidak disiplin sebesar 19%. Berarti masih banyak Pengendara kendaraan berat yang kurang disiplin pemilihan lajur. Kata kunci : Koefisien distribusi lajur jalan perkotaan, dua lajur dua arah, Pengendara kendaraan berat danPengendara kendaraan ringan, nilai koefisien ABSTRACT One of the factors that must be considered in planning the thickness of the pavement layer is the traffic factor in the form of loads and load repetitions. The repetition of vehicle track loads that take place continuously and are not evenly distributed causes unequal damage to each lane. The part of the road that is often traversed by vehicles will quickly damage. This study aims to obtain the value of the lane distribution coefficient (C) on the distribution of two-lane two-way urban roads on the Lalove road. The survey was carried out for 2 (two) days with a data collection time of 16 hours where the time interval used was 60 minutes. The data used in this study are light vehicle wheel tracks, heavy vehicle wheel tracks and motorcycle wheel tracks only as a complement. . The division of vehicle wheel tracks in each lane is divided into 2 (two) plots so as to obtain 4 (four) vehicle wheel tracks for both lanes. The results of this study indicate that the distribution coefficient value of light vehicles (5 tons) is 51.5%. Based on the process of analyzing vehicle data at the observation location and the provisions of Bina Marga regarding the coefficient of lane distribution, there is no significant difference. Then the distribution coefficient of the lane on the Lalove road is in accordance with the existing theory. The percentage of light vehicle drivers who are disciplined is 86% and not disciplined is 16%. This means that there are still many light vehicle drivers who lack of discipline in lane selection. The percentage of heavy vehicle drivers who are disciplined is 81% and those who are not disciplined is 19%. This means that there are still many heavy vehicle drivers that lack of discipline in lane selection. Keywords: Coefficient of distribution of urban road lanes, two-lane two-way, heavy vehicle drivers and light vehicle drivers, coefficient value |